Kuningan, Triknews.net – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rikwanto mengatakan, pihaknya akan meminta keterangan langusung kepada penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan yang saat ini sedang berada di Singapura.

Keterangan ini diperlukan untuk mengungkap pelaku penyiraman air keras yang ditujukan pada Novel beberapa bulan silam.

“Untuk supaya ini semakin jelas, kita ke sana (Singapura–red), mengambil keterangan dari Novel langsung,” ujar Rikwanto di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Menurutnya, dengan keterangan yang didapat dari Novel nanti, polisi segera mendapat bukti-bukti untuk segera dilakukan penyidikan untuk mengungkap kasus tersebut.

“Mudah-mudahan ada bukti-bukti memadai. Untuk itu langsung dilakukan penyidikan. Kalau pun itu belum mencukupi dugaan-dugaan tersebut. Kita lakukan lidik terlebih dahulu, didalami dahulu,” kata dia.

Rikwanto menuturkan secepatnya penyidik Polri bekerja sama dengan KPK akan terbang ke Singapura untuk meminta keterangan kepada Novel.

“Hanya saja untuk mempercepat proses pengungkapan ini diperlukan keterangannya. Mudah-mudahan nanti kalau ada waktu yang sudah tersedia tim penyidik Polri dan KPK berangkat ke sana. Sudah mau diambil keterangan (Novel),” tutur Rikwanto.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu juga menegaskan, penyidik Polri turut akan mendalami keterangan Novel yang menyebut adanya keterlibatan jenderal polisi di dalam kasus penyerangan air keras terhadapnya.

“Ya itu perlu kita dalami dari saudara Novel sendiri. Itu termasuk isu, rumor atau fakta hukum. Kalau suatu rumor nggak masalah. Kita akan lidik, tapi kalau itu sudah fakta hukum dan ada alat buktinya, kita akan lakukan penyidikan,” ucap Rikwanto.

Upaya ini dilakukan lantaran saat ini Novel memberikan kesaksian-kesaksian kepada media bahwa ada oknum jenderal polisi yang terlibat dalam kasusnya.

Keterantan Novel ini pun kian liar sehingga harus diantisipasi secara cepat, agar suasana tidak semakin gaduh. Dan salah satu langkah yang akan diambil tim penyidik Mabes Polri adalah dengan meminta keterangan langsung dari Novel.