Jakarta, Triknews.net – Mantan Panglima GAM Wilayah Peureulak, Sanusi Muhammad alias Abu Sanusi, menerima hadiah Merah Putih, dari pihak keamanan yang bertamu ke kediamannya Senin (7/8) di Gampong Kruet Lintang, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur.

Kedatangan tamu dari pihak keamanan ini disambut haru oleh Abu Sanusi. Pertemuan tersebut berlangsung dengan perbincangan seputar keadaan Abu Sanusi serta sikapnya dalam menyambut HUT RI ke-72 tahun 2017.

Abu Sanusi merupakan mantan Panglima GAM Wilayah Peureulak, yang paling dicari semasa konflik. Saat ini, ia merupakan tokoh GAM senior yang sangat dihormati di kalangan eks kombatan GAM. Bahkan, Abu Sanusi merupakan sosok yang dikenal sangat dekat dengan deklarator dan pemimpin GAM Almarhum Tgk Hasan Tiro.

Menurut informasi yang diperoleh Serambinews.com, Abu Sanusi menyambut baik saat dihadiahi bendera Merah Putih, ini menandakan sikap cinta Abu terhadap NKRI, dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72 tahun 2017.

Selain itu, berpatisipasinya Abu Sanusi memeriahkan HUT RI ke-72 ini, setidaknya telah menjawab kabar kontroversi jika mantan GAM adalah pihak yang setengah hati mengakui NKRI paska MoU Helsinki.

“Rasanya tidak berlebihan jika Abu Sanusi turut memeriahkan HUT RI ke-72 melalui pembagian bendera Merah Putih kepada masyarakat. Ini sekaligus membuktikan bahwa kecintaan mantan GAM terhadap ibu pertiwi NKRI tidak diragukan lagi,” ungkap sumber yang minta namanya tak disebutkan.