Sumber foto: liputan6.com

Kuningan, Triknews.net – Kuasa hukum Habib Muhammad Rizieq bin Shihab, Sugito Atmo Prawiro menegskan bahwa ada kemungkinan besar kliennya itu akan pulang ke Indonesia tanggal 22 September tahun ini, seperti yang sempat dijanjikan sebelumnya.

Kepada wartawan, Sugito menyatakan bahwa ada kendala yang sifatnya rahasia yang menjadi kendala mengapa Imam Besar ormas Front Pembela Islam (FPI) tersebut menunda kepulangannya ke Indonesia.

“Kayaknya ada kendala, yang jelas tanggal 22 (September) itu masih ter-pending,” kata Sugito kepada wartawan dikutip dari Detikcom, Jumat (15/9/2017).

Bahkan terkait kendala itu, Sugito yang juga merupakan tim advokat FPI tersebut mengatakan tak bisa mendapatkan akses informasi tersebut. Bahkan ia mengatakan detail kendala tersebut hanya Habib Rizieq saja yang tahu.

“Nggak tahu juga (kendala apa). Mungkin ada hal yang sifatnya strategis, tapi tidak didiskusikan dengan kami,” ujarnya.

Minta SP3?
Terkait dengan kasus dugaan chat mesum antara kliennya dengan Firza Husein, Sugito menyatakan hal ini sudah dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh aparat kepolisian Indonesia kepada Habib Rizieq di Arab Saudi beberapa waktu yang lalu. Bahkan pemeriksana tersebut juga sudah dimasukkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Untuk itu, Sugito menyarankan agar kepolisian mempelajari terlebih dahulu secara detail dan mendalam hasil BAP tersebut.

“Kan sudah di-BAP, alangkah baiknya polisi pelajari dengan baik, disikapi secara hukum,” lanjutnya.

Selain itu, Sugito menyatakan masih terus mengupayakan agar kasus yang dialamatkan kepada Habib Rizieq bisa dihentikan oleh kepolisian, dan diberlakukan status SP3 alias penghentian penyidikan perkara.

“Kami kan sudah ajukan SP3 itu, tapi belum ada jawaban. Kami mengharapkan perkara ini tidak dilanjutkan lagi dan diterbitkan SP3,” tuturnya.

Namun ia meyakini jika kepolisian benar-benar menghentikan SP3 tersebut, maka ada kemungkinan besar kliennya itu akan sangat cepat untuk kembali ke Indonesia.

Dusta Rizieq
1. Kabur Alasan Umroh Sehari Sebelum Diperiksa Polisi
Perlu diketahui, bahwa sejak kaburnya Habib Rizieq ke Arab Saudi karena ketakutan diperiksa oleh tim penyidik Polda Metro Jaya, karena dugaan keterlibatannya dengan kasus chat mesum dengan Firza Husein, akses pentolan FPI tersebut sudah sulit ditemui.

Pengacara Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab, Kapitera Ampera membenarkan soal undangan khusus dari Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis Al Saud, kepada Habib Rizieq, untuk melakukan ibadah umrah.

“Ya betul saat ini beliau (Habib Rizieq Shihab) sedang umrah di Mekkah. Itu undangan khusus dari raja untuk umrah,” kata Kapitera dikutip dari SINDOnews, Minggu (30/4/2017).

Menurut Kapitera, hal tersebut biasa dilakukan oleh Kerajaan Saudi Arabia dengan mengundang para tamu undangan.

“Itu memang ada setiap tahun. Beliau bersama keluarganya diundang untuk umrah. Raja memang selalu begitu mengundang,” tutupnya.

2. Habib Rizieq Akan Penuhi Panggilan Polisi Setelah Ramadhan
Bahkan sebulan setelahnya yakni bulan Mei, Kapitra Ampera menegaskan bahwa kliennya sedang umroh karena mendapatkan undangan khusus kerajaan Arab Saudi di tanah suci, dan akan pulang untuk memenuhi panggilan kepolisian setelah bulan Ramadhan usai.

“Habib akan meneruskan i’tikaf sampai Ramadhan selesai. Info ini juga dapat dipahami oleh kepolisian,” kata Kapitra, Selasa (23/5/2017) lalu.

3. Habib Rizieq Akan Pulang Setelah Ibadah Haji dan Qurban di Makkah
Namun dusta tetaplah dusta. Betapa tidak, tokoh sentral gerakan “Aksi Bela Islam” berbilang itu ternyata masih belum memiliki nyali baja untuk pulang ke Indonesia dan menepati janjinya bersedia diperiksa Polisi dan menuntaskan kasusnya itu.

Bahkan pada bulan Agustus lalu, Pengacara Rizieq Shihab, Sugito Atmo Pawiro juga pernah mengakatakan jika kliennya itu akan pulang setelah melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi, dan membatalkan diri pulang pada tanggal 15 Agustus 2017 lalu.

“Batal pulang tanggal 15 Agustus 2017‎, karena sedang menyiapkan untuk ibadah haji, qurban disana,” ujar Sugito Atmo Pawiro dikutip dari Tribunnews, Sabtu (5/8/2017).

4. Habib Rizieq Batal Pulang Karena Ada Kendala Strategis
Dan rencana Rizieq yang akan pulang ke Indonesia pada September akhir atau persisnya pada tanggal 22 September 2017 nanti juga hari ini dikabarkan batal lagi.