Ilustrasi mesin genset

Jakarta, Triknews.net – Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (persero) Distribusi Jawa Tumur, Pinto Raharjo, menuturkan kalau perbaikan kerusakan material jaringan listrik di Jembatan Suramadu akibat insiden kebakaran beberapa waktu lalu sudah kembali normal. Maka pasokan listrik ke Pulau Madura pun kembali normal.

Dengan selesainya perbaikan kerusakan material itu, lanjut Pinto, PLN Jatim berencana menarik kembali genset yang sebelumnya dipasang di beberapa titik di Pulau Garam tersebut.

“PLN akan mengurangi perlahan-lahan keberadaan 31 genset bekapasitas 1,3 Mega Watt (MW) yang sebelumnya dipasang untuk antisipasi kelangkaan listrik di Madura,” kata Pinto, Senin (9/10).

Sebagaimana diketahui, sbelumnya telah terjadi kerusakan jaringan listrik di Jembatan Suramadu pada Sabtu (23/9) sekitar pukul 16.30 WIB akibat terbakarnya salah satu Kabel SKTT 150 kV arah Ujung-Bangkalan, sehingga pasokan listrik ke Pulau Madura tergangung.

Dampak terbakarnya jaringan listrik di Suramadu, beberapa wilayah mengalami defisit listrik yang meliputi Bangkalan, Sampang, Sumenep dan Pamekasan.