Jakarta, Triknews.net – Manager PT PLN (Persero) Area Cilacap, Ahmad Mustaqir, mengklaim surplus daya listrik di Jawa Bali mencapai 1100 MW. Karena itu fokus dari PLN saat ini untuk pertumbuhan dengan menjual sebanyak-banyaknya energi listrik.

“PLN melakukan usaha dengan segenap potensi meningkatkan penjualan energi listrik. Jadi fokus kami, satu di antaranya meningkatkan pertumbuhan, dengan terus jual-jual-jual, tiada hari tanpa menjual,” ujarnya, Kamis (12/10).

Lebih lanjut, Ahmad menyatakan, PLN akan bersinergi dengan pemerintah, baik kabupaten atau provinsi dan juga pusat, serta asosiasi bisnis yang ada untuk mengampanyekan bahwa PLN surplus. Sehingga akan semakin banyak, yang memanfaatkan listrik ini untuk kegiatan bisnisnya.

“Kami siap mendukung aktivitas kegiatan, mulai dari usaha, bisnis dari seluruh stakeholder untuk menyuplai kebutuhan kelistrikan,” katanya.

Tidak hanya menjual, lanjut Ahmad, PLN juga akan memberikan pemasangan listrik secara gratis kepada sekitar 200 warga pada hari Listrik Nasional 27 Oktober mendatang. Ini merupakan satu kegiatan pertanggungjawaban sosial kepada masyarakat yang kurang mampu.

Tidak hanya fokus kepada pertumbuhan, PLN juga berusaha menjamin listrik tanpa padam di masyarakat. Padamnya listrik di masyarakat selama ini dikarenakan adanya faktor ke tiga. Seperti adanya bencana, yang menumbangkan tiang listrik, layang-layang yang menyangkut, dan lainnya. “Kami berusaha untuk menjamin listrik tanpa padam. Jika padam, maka kami berusaha tidak akan lama,” ujarnya.

Seorang warga Cilacap Slamet meminta kepada PLN untuk terus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Terutama dengan tidak memadamkan listrik secara tiba-tiba. “Tarif listrik kan sekarang sudah naik, kami meminta agar pelayanan juga ditingkatkan, jangan sering-sering ada pemadaman bergilir,” katanya.