Jakarta, Triknews.net – Tiga desa terpencil di Kecamatan Lembang bakal diterangi tahun ini. Targetnya, Desember listrik desa-desa di wilayah pegunungan itu sudah teraliri listrik.

Desa tersebut adalah Desa Letta, Desa Rajang di wilayah perbatasan dan Desa Kariango. Proses pengangkutan material pun sementara berjalan, November mendatang tiang dan kabel instalasi sudah dipasang.

Warga pun berharap ini tak hanya sekadar janji. Apalagi di Letta dan Kariango yang sudah dua tahun terakhir, dijanji bakal teraliri listrik. Namun sampai sekarang PLN tak kunjung menyuplai listrik ke desa tersebut.

Sudirman salah seorang tokoh pemuda di Letta berharap semoga ini betul-betul terealisasi. Apalagi dua tahun lalu PLN menjanjikan itu. Tetapi toh,kata dia, tak kunjung terlaksana.

Dia menjelaskan, jika itu sebetulnya bergantung atas keseriusan pemkab dan PLN. Apalagi warga sudah sejak lama membayar untuk pembangunan instalasi hingga meteran yang terpasang di rumah warga.

“Selama ini kita hanya gunakan kincir air, belum pernah sekalipun ada suplai listrik dari PLN,” ungkapnya kepada FAJAR, Selasa 17 Oktober.

Warga pun sudah sangat senang melihat material yang saat ini sudah berada di wilayah Rajang. “Kita tinggal tunggu saja apakah janji listrik masuk Desember itu bisa dipenuhi atau tidak,” tambahnya.

Manager Area PLN Pinrang, Ambo Tuwo mengatakan, material listrik sementara masih tahap pengangkutan. Awal November mendatang, pihaknya sudah memulai proses pemancangan tiang dan instalasi.

Dia menarget proses ini memakan waktu sebulan lebih. Sehingga Desember mendatang, pihaknya sudah mulai melakukan uji coba untuk listrik di Letta.

“Mudah-mudahan tidak ada hambatan. Tak hanya Letta, beberapa dusun di Desa Kariango dan Rajang juga akan segera dialiri listrik, tahun ini,” ungkap Ambo Tuwo kepada FAJAR, Selasa siang kemarin.

Asisten II Bidang Pembangunan Setda Pinrang, Candera Yasin menambahkan, usulan PLN untuk memasang tiang di jalur hutan lindung sudah di setujui. Pihaknya tinggal menunggu eksekusi dari PLN untuk memasang perangkatnya ke desa Letta.

“Kita juga akan awasi penuh pemasangannya. Kita berharap instalasi dan material lain bisa terpasang tahun ini,” tambahnya.