Ilustrasi PLN

Jakarta, Triknews.net – Manager Ranting PT PLN (Persero) Tanjungbalai Karimun, Fauzan, menuturkan kalau pihaknya sedang membangun jaringan di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, sepanjang 7 kilometer dalam bentuk sirkuit. Pembangunan jaringan sirkuit tersebut untuk meminimalisir dampak dari petir.

“Kami telah selesai membangun jaringan sirkuit sepanjang 7 kilometer. Jaringan yang kami bangun ini dalam bentuk grounding atau ditanam ke dalam tanah. Sehingga pada saat ada petir, bisa meminimalkan dampak terhadap jaringan kabel listrik. Karena tidak ada alat untuk penangkal atau penahan dari petir,” kata Fauzan kepada awak media, Selasa (17/10) kemarin.

Dikatakannya, dengan adanya jaringan yang telah selesai dikerjakan dan sudah bisa digunakan, maka ketika ada petir yang menyambar jaringan kabel listrik, tidak sampai menimbulkan kerusakan parah. Apa yang dilakukan oleh PLN merupakan suatu bentuk usaha untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan agar listrik tidak padam saat ada petir.

Fauzan juga menerangkan bahwa saat ini PLN tengah melakukan pemasangan terhadap 17 mesin dengan kekuatan 17 MW hasil hibah. “Pemasangan belasan mesin sedang dikerjakan. Setelah itu dilanjutkan dengan koneksi ke mesin pembangkit yang lain,” paparnya.