29.6 C
Jakarta
Minggu, 22 Juli 2018
Beranda Nasional PLN Groundbreaking 5 PLTMG & 1 MPP dengan Total Kapasitas 400 MW...

PLN Groundbreaking 5 PLTMG & 1 MPP dengan Total Kapasitas 400 MW di Nusa Tenggara

Jakarta, Trikmews.net – PT PLN (Persero) melakukan groundbreaking lima Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) dan satu Mobil Power Plant (MPP) yang tersebar di Nusa Tenggara dengan total kapasitas mencapai 400 Megawatt (MW).

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT PLN (Persero), Sofyan Basir, saat pembukaan Groundbreaking dan peresmian pembangkit tersebut, di Desa Tanjung Karang Permai, Sekarbela, Mataram, Lombok, Jumat (20/10).

Menurut Sofyan, Groundbreaking tersebut sekaligus merupakan peresmian pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lombok Timur berkapasitas 2 x 25 MW.

Sofyan juga mengatakan bahwa pembangkit yang di-groundbreaking dan diresmikan dapat menyerap cukup banyak lapangan kerja.

Adapun, proyek PLTU Lombok Timur yang diresmikan telah menyerap 37.000 pelanggan baru, yang siap menikmati listrik PLN. Saat ini, sistem kelistrikan Lombok sebesar 299 MW dengan beban puncak tertinggi sebesar 227 MW dan cadangan 72 MW.

“Untuk nilai total investasi dari seluruh proyek yang akan di groundbreaking dan diresmikan ini, mencapai Rp 6 triliun,” kata Sofyan.

Dengan dukungan kelistrikan dari PLN, diharapkan industri akan tumbuh dan membawa multiplier effect bagi perekonomian nasional. “Kami menyadari bahwa pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan Indonesia memerlukan dukungan banyak stakeholder,” ungkapnya.

Total pelanggan listrik di Nusa Tenggara Barat (NTB) saat ini sebanyak 1.158.740 pelanggan. Sementara rasio elektrifikasi NTB per Juli 2017 sebesar 81,14% dengan target 83,52% di akhir 2017. Selain itu melalui program listrik pedesaan di 2017  PLN ditargetkan melistriki 65 dusun terpencil di NTB.