Jakarta, Triknews.net – Manajer Public Relations Bright PT PLN (Persero) Batam, Bukti Panggabean, menuturkan kalau pihaknya memberikan promosi (gratis) naik daya listrik golongan rumah tangga 2.200 VA hingga 6.600 VA. Selain itu, kata Bukti, PLN Batam memberikan potongan biaya jaminan bagi 250 pelanggan rumah tangga yang mengajukan pasangan baru dan sambungan baru atau sambungan baru.

Lebih lanjut, Bukti menyatakan bahwa pembebasan biaya itu berlangsung selama lima hari di Kepri Mall, 23 sampai 27 Oktober 2017.

”Serta potongan biaya jaminan (UJL) bagi 250 pelanggan rumah tangga yang mengajukan pasang baru atau sambung kembali dengan daya 2200 VA hingga 6600 VA. Tapi program ini tidak berlaku bagi pelanggan kolektif atau developer,” kata Bukti pada Minggu (22/10) kemarin.

Menurut Bukti, kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) bright PLN Batam yang ke-17 serta Hari Listrik Nasional (HLN) yang ke-72. Berbeda dengan acara sebelumnya, kali ini bright PLN Batam akan memperlihatkan cara kerja Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang sudah diterapkan beberapa kota besar di Indonesia. ”Kita perkenalkan SPLU yang sebenarnya cara kerjanya sama dengan SPBU BBM,” sambungnya.

Diakui, SPLU belum diketahui keberadaannya secara umum oleh masyarakat Kota Batam. Padahal teknologi yang telah diterapkan negara-negara maju ini ramah lingkungan dan sangat murah jika dibandingkan dengan bahan bakar minyak (BBM).

”Perbedaannya sangat jauh. Kendaraan yang menggunakan listrik, hanya mengeluarkan Rp 27 per kilometernya. Sementara BBM mencapai Rp 131 per kilometernya,” ungkap Bukti.

Karena banyak manfaatnya, teknologi kendaraan masa depan akan beralih ke mesin listrik. ”Bila dibutuhkan, masyarakat banyak yang sudah menggunakan kendaraan listrik, bright PLN Batam bisa kapan saja mewujudkan SPLU di Kota Batam,” kata Bukti.

Selain SPLU, dalam pameran itu, bright PLN Batam juga akan menyampaikan manfaat menggunakan kompor listrik induksi. ”Kompor ini sangat hemat bila dibandingkan dengan kompor gas,” ungkapnya.

Bagi yang ingin pasang listrik gratis dan informasi lebih jauh tentang SPLU dan kompor listrik induksi, masyarakat bisa datang langsung ke Pameran kelistrikan (PLN Fair) bright PLN Batam. ”Bright PLN Batam juga akan memberikan apresiasi kepada pelanggan yang membayar listrik tepat waktu dibawah tanggal 5 tiap bulannya pada acara tersebut,” imbuhnya.

Selain memperkenalkan program dan produk terbaru bright PLN Batam,pengunjung juga bisa melihat berbagai karya foto kelistrikan dari bright PLN Batam dan para pewarta foto. ”Tak sekedar melihat, pengunjung juga bisa mengikuti lomba foto on the spot dan mengikuti kuis berhadiah menarik dari PLN Batam,” tutupnya.