Jakarta, Triknews.net – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) persero terus berinovasi dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada seluruh pelanggan. Salah satunya bekerja sama dengan sekolah menengah kejuruan (SMK) dan perguruan tinggi dalam mempersiapkan tenaga kerja andal di bidang kelistrikan.

“Proyek 35 ribu Mw yang saat ini kami garap membutuhkan banyak tenaga kerja andal. PLN menggagas kerja sama dengan SMK dan perguruan tinggi dalam mempersiapkan tenaga kerja andal pada proyek tersebut,” kata Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali saat menerima kunjungan Direktur Pemberitaan Media Indonesia Usman Kansong di Jakarta, kemarin.

Kerja sama dengan SMK, kata dia, berupa program magang pada sejumlah pembangkit. Tujuannya agar siswa SMK memiliki keterampilan dan wawasan di bidang ketenagalistrikan di luar kurikulum yang ada.

Dengan perguruan tinggi, pihaknya mengirim mahasiswa ke luar negeri. “Kami menggandeng IPB dan UGM. Kini ada 70 mahasiswa yang magang dan 100 mahasiswa kuliah S-2 ke Inggris, Prancis, AS, dan negara lain. Saat pulang pada Desember 2018 mereka siap dengan kompetensi yang dibutuhkan,” ujarnya.

Ali menjelaskan inovasi lainnya melalui layanan pengaduan. “Saat ini melalui nomor pengaduan 123, terus kami kembangkan agar bisa lebih memuaskan masyarakat.”

Usman Kansong amat mengapresiasi langkah PLN karena pembenahan PLN berdampak pada kenyamanan masyarakat selaku pelanggan energi listrik. “Kalau PLN tidak mempersiapkan SDM, kita akan ketinggalan dengan negara lain. Contohnya ketersediaan stasiun pengisian tenaga listrik untuk kendaraan dan baterai isi ulang.”

Usman menambahkan Media Indonesia juga mendukung langkah-langkah PLN termasuk dalam pengembangan dan pemanfaatan energi baru terbarukan. “Termasuk PLTU hijau atau ramah lingkungan di Indramayu. Itu sangat baik dan perlu kami dorong.”