Ilustrasi mesin genset

Jakarta, Triknews.net – PT PLN (Persero) menambah kapasitas daya Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Pulau Sebesi di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung sebesar 3×100 kW.

General Manager PLN Distribusi Lampung Julita Indah saat peresmian penambahan daya PLTD Pulau Sebesi oleh Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan di Desa Tejang, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Kamis mengatakan pihaknya akan terus memasok kebutuhan listrik ke seluruh masyarakat.

“Secara bertahap, kami akan listriki seluruh masyarakat termasuk di Pulau Sebesi, yang merupakan pulau terpencil ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyalaan listrik perdesaan bagi 231 pelanggan di Pulau Sebesi dalam rangka Hari Listrik Nasional Ke-72.

Julita mengatakan nilai investasi pengadaan tiga mesin masing-masing berkapasitas 100 kW dan konstruksi sipil PLTD Sebesi mencapai Rp3,4 miliar, sedang pembangunan jaringan barunya mencapai Rp2,1 miliar.

“Dengan demikian total investasi PLN sebesar Rp5,5 miliar untuk membangun sistem kelistrikan di Pulau Sebesi,” ungkapnya.

PLTD Sebesi sebelumnya hanya menggunakan mesin berkapasitas 1×100 kW, yang melayani 268 pelanggan.

Dengan tambahan mesin 3×100 kW, PLN kini sudah menambah 231 pelanggan baru dan masih bisa ditingkatkan lagi.

Saat ini, pasokan listrik ke warga Sebesi memang baru melayani enam jam per hari, namun ke depan secara bertahap akan ditingkatkan PLN.

Sementara itu, Bupati Zainudin mengapresiasi langkah cepat PLN menambah daya PLTD Pulau Sebesi.

“Setahun lalu, listrik di sini, masih mati terus. Sekarang, Alhamdulillah, dalam hitungan bulan, PLN sudah menerangi Pulau Sebesi,” ucapnya.

Ia berharap secara bertahap PLN meningkatkan layanan listrik lebih dari enam jam.

Menurut dia, dengan tambahan daya PLTD, maka Pulau Sebesi bisa dikembangkan menjadi desa wisata.

Setelah listrik, lanjut Zainudin, pihaknya akan membangun pelabuhan laut dan memperbaiki jalan, sehingga Pulau Sebesi menarik bagi wisatawan.

“Dengan adanya listrik ini, maka baik sumber daya manusia dan ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” ujarnya.

Salah seorang warga, Acep Syarifuddin, yang merupakan pelanggan baru, mengaku senang dengan masuknya listrik.

“Anak saya bisa belajar semakin nyaman dan saya juga bisa membuat usaha seperti es dan ternak ayam,” ujarnya.

Ia juga berharap listrik menyala lebih lama lagi.