Jakarta, Triknews.net – Di Hari Listrik Nasional (HLN) ke – 72 tahun 2017, PLN berusaha untuk selalu meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, salah satunya adalah dengan diresmikannya Mobile Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) berbasis Android.

Launching Mobile APKT dilakukan oleh General Manager PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara (PLN M2U) Djoko Dwijatno dan General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Maluku Didik Sudarmadi dengan didampingi Manajemen PLN M2U dan PLN UIP Maluku di Lapangan Pattimura Park pada hari Jumat (27 Oktober 2017) setelah upacara peringatan HLN yang ke 72 tahun 2017.

Hadirnya aplikasi Mobile APKT ini merupakan salah satu upaya PLN untuk cepat tanggap dalam menangani gangguan kelistrikan yang  terjadi pada pelanggan, khususnya masyarakat Kota Ambon. Manajer PLN Area Ambon Wahidin mengatakan Mobile APKT merupakan salah satu perwujudan kompetensi yang ada pada PLN, yaitu Customer Service Orientation (CSO) atau orientasi kepada pelayanan pelanggan.

“Peresmian Mobile APKT ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, khususnya masyarakat Ambon”, ujar Wahidin

Untuk penggunaannya sendiri, setiap petugas pelayanan teknik khususnya yang berada pada Dinas Gangguan harus menginstall aplikasi Mobile APKT pada perangkat yang mereka bawa. Selanjutnya, apabila terdapat gangguan yang dilaporkan oleh pelanggan, operator APKT ataupun Contact Center PLN 123 akan menginput data-data gangguan ke dalam sistem APKT seperti nama pelanggan, alamat dan keluhan pelanggan dimana sistem APKT tersebut telah terintegrasi dengan aplikasi Mobile APKT.

Mobile APKT ini ditujukan untuk mempercepat response time penanganan gangguan oleh regu pelayanan teknik dan juga memonitor seluruh  pelaksanaan kegiatan petugas pelayanan teknik di lapangan.

Mobile APKT bisa membantu peningkatan pelayanan ke masyarakat, Karena sifatnya yang up to date sesuai kondisi yang ada di lapangan sehingga Manajemen PLN setempat dapat lebih mudah mengevaluasi performa petugas pelayanan teknik.

Untuk diketahui saat ini aplikasi Mobile APKT sudah terpasang di 12 mobil dinas pelayanan teknik di sekitaran Kota Ambon dan secara bertahap akan segera dikembangkan ke daerah-daerah lain di Wilayah Maluku dan Maluku Utara.