Jakarta, Triknews.net – Manajemen PT PLN (Persero) Wilayah Papua dan Papua Barat mendirikan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pertama di Papua, yakni di Taman Imbi, Kota Jayapura.

General Manager PLN Wilayah Papua dan Papua Barat Yohanes Sukrislismono, di Jayapura, Jumat (27/10) mengungkapkan, pendirian SPLU didasarkan karena melihat aktivitas masyarakat yang terus bergerak dan membutuhkan pasokan listrik yang cukup banyak untuk barang-barang miliknya.

“Ke depan kami juga melihat bahwa kebutuhan listrik bukan hanya saja untuk gadget dan laptop, akan tetapi juga kendaraan listrik yang akan mulai masuk ke Papua,” ujarnya.

SPLU, lanjutnya, juga untuk menunjang aktivitas perekonomian masyarakat yang kini hampir pasti membutuhkan listrik. “Para pedagang kaki lima yang selama ini bingung mencari listrik pada saat berada di luar rumah, dengan adanya SPLU ini diharapkan bisa menjawab semua kebutuhan tersebut,” kata dia.

Adapun cara untuk menggunakan SPLU tersebut adalah cukup dengan memasukkan nomor kode yang telah tersedia di mesin untuk membeli token (setrum listrik). PLN menyediakan token mulai dari pecahan Rp 5.000 yang diharapkan bisa dipakai untuk kebutuhan tersebut.

“Satu SPLU ini bisa digunakan untuk enam colokan listrik. Dengan jumlah itu diharapkan bisa memenuhi kebutuhan listrik terutama pada saat adanya event di Taman Imbi ini. Kami juga mengimbau untuk masyarakat agar bisa menggunakan dan menjaga fasilitas yang ada ini,” ujar Yohanes.

Ke depan PLN sudah merencanakan untuk mendirikan enam unit SPLU yang nantinya akan diletakkan di semua fasilitas umum, di antaranya di Jayapura dua unit, Abepura dua unit dan Kabupaten Jayapura sebanyak dua unit.