Jakarta, Triknews.net – Manager PT PLN (Persero) Area Timika, Papua, Salmon Karet, menuturkan kalau rasio elektrifikasi di wilayah Kabupaten Mimika saat ini telah mencapai 78 persen. Hal ini karena kebanyakan distrik padat penduduk di Mimika telah teraliri listrik.

“Pencapaian tersebut dikarenakan kebanyakan distrik padat penduduk di Mimika telah teraliri listrik seperti distrik Mimika Baru, Mimika Timur, Kuala Kencana, Wania dan sebagian dari distrik Tembagapura, yang rata-rata berada di wilayah kota dan pinggiran,” kata Salmon di Timika, Jumat (27/10) kemarin.

Ditambahkan Salmon, bertepatan dengan momen hari listrik nasional ke-72, PLN Area Timika berusaha meningkatkan pelayanan dengan menyediakan listrik bagi enam kampung yang belum pernah dialiri listrik.

“Jadi secara serentak pada Rabu (25/10) kita luncurkan listrik masuk kampung antara lain empat kampung di kabupaten Yahukimo, satu di Kabupaten Asmat dan satu di kabupaten Mimika yaitu di kampung Mioko,” tuturnya.

Sementara itu, untuk mewujudkan visi dan misi Maluku-Papua terang 2017 khusus untuk wilayah Mimika pada 2017, pihaknya telah membangun jaringan listrik di distrik Agimuga yang ditargetkan akan beroperasi pada awal 2018.

“Sedangkan rencana tahap selanjutnya yaitu kita target di distrik Kokonao, Atuka dan sekitarnya yang bisa dijangkau kita akan jangkau,” ujar Salmon.

Secara khusus untuk distrik-distrik yang ada di wilayah pegunungan menurut Salmon pihaknya masih terus melakukan survei dan kajian-kajian mengingat medan yang berat dan akses jalan yang belum memadai menjadi kendala utama pembangunan jaringan listrik di wilayah itu.

“Ini wilayahnya agak sulit dan selama ini ada sebagian yang dilayani oleh PT. Freeport dan sebagian belum dan tetapi tetap akan diusahakan,” katanya.

Salmon menargetkan semua distrik di Mimika akan terlistriki pada 2019 dengan mengutamakan pembangunan jaringan di wilayah-wilayah yang dinilai mudah dijangkau.

Untuk mendukung target PLN Area Timika tersebut, Salmon mengatakan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan semua pihak termasuk pemerintah daerah untuk saling mendukung terutama penyediaan dan pembangunan jalur transportasi yang dimungkinkan untuk mobilisasi peralatan listrik di sejumlah wilayah.

Upaya tersebut juga akan dilakukan Salmon dalam meningkatkan rasio elektrifikasi di kabupaten lain yang juga masih merupakan wilayah kerja PLN Area Timika yaitu kabupaten Asmat, Yahukimo dan Nduga.