Jakarta, Triknews.net – Manager PT PLN (Persero) Area Bekasi, Reny Wahyu Setiawan menuturkan kalau pihaknya mengejar pemasangan listrik baru sekitar 29.000 sambungan di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi.

Sebab sampai akhir Oktober 2017, lanjut Reny, PLN baru memasang 83.000 sambungan listrik baru dari target yang dipatok mencapai 112.000 sambungan.

Reny mengatakan, sebetulnya target yang dipatok itu hanya menjadi acuan lembaganya untuk memperhitungkan biaya anggaran kebutuhan material pemasangan listrik baru. Namun bila jumlah pemasangan itu melampaui target, pihaknya tetap bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Seandainya terlampaui pun sebetulnya tidak ada masalah,” kata Reny di Kantor PLN Lemahabang, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Selasa (31/10).

Reny menyatakan, tidak ada kendala yang dialami PLN untuk mengejar target yang dipatok tersebut. Sebab dia menilai, pemasangan listrik baru dilakukan berdasarkan permintaan masyarakat.

“Permintaan penyambungan listrik baru dari masyarakat memang belum tercapai untuk saat ini, tapi kami upayakan bisa mengejar jumlah tersebut sampai akhir tahun,” ujar Reny.

Reny optimis target tersebut akan terkejar. Berdasarkan data yang dia punya, sudah ada 300 pengembang perumahan di wilayah setempat yang sudah mengajukan permohonan pemasangan listrik baru.

“Ada 300 perumahan dengan potensi penyambungan sekitar 23.800 rumah. Insya Allah bisa kita selesaikan target ini di akhir tahun,” jelasnya.

Menurut dia, banyaknya perumahan baru juga memberikan angin segar bagi PLN untuk memasang listrik baru. Dia mencatat, sudah ada 1.543.000 sambungan yang tersebar di Kota dan Kabupaten Bekasi. Jumlah ini, kata Reny, adalah angka terbesar di wilayah Indonesia.

Apalagi, PLN Area Bekasi telah menggiatkan pemasangan listrik baru mencapai 7.200 sambungan pada Selasa (31/10).

“Pemasangan ini akan berdampak pada rasio elektrikfikasi di Bekasi, sekaligus mendorong Program Jawa Barat Caang yang digagas oleh Pemprov Jabar,” pungkasnya.