Jakarta, Triknews.net – PT PLN (Persero) menegaskan bahwa peleburan daya listrik rumah tangga di atas 1.300 Volt Ampere (VA) keatas yang nantinya akan diseragamkan menjadi 4.400 VA sifatnya tidak wajib. Sementara untuk daya 900 VA masih tetap berlaku seperti semula.

Sebelumnya menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menegaskan bahwa pemerintah ingin menghabiskan daya 900 VA dan 1.300 VA dan akan diseragamkan menjadi satu golongan. Namun pernyataan menteri ESDM dikonfirmasi Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara Djoko Rahardjo Abu Manan, menurutnya hal itu tidak wajib.

“Enggak. Kita tawarkan kelompok daya nanti tidak ada 1.300. Yang ada 4.400 sampai ke atas,” ujar dia saat dihubungi di Jakarta, (10/11).

Namun demikian untuk pelanggan baru yang akan menggunakan daya diatas 1.300 VA nantinya ke depan akan diwajibkan lantaran pemerintah memiliki keinginan untuk menyeragamkan menjadi 4.400 VA.

Lebih lanjut ia lagi-lagi menegaskan bahwa untuk pelanggan yang lama yang sudah berlangganan 1.300 VA dianjurkan namun tidak wajib. Pasalnya menurut dia untuk merubah daya masyarakat juga terlebih dahulu harus merubah instalasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan daya tersebut.

“Iyalah. Kalau nggak kan bisa kebakaran rumah-rumah. Ya iyalah itu kapasitasnya besar 4.400 VA. Jadi harus diubah,” tambah dia.

Khusus untuk pelanggan lama tidak diwajibkan untuk mengadopsi penyeragaman yang dilakukan pemerintah. Sebab menurut dia pelanggan listrik rumah tangga yang kebutuhan energi listriknya sudah mencukupi tidak perlu dilakukan penambahan. Pasalnya untuk menganti instalasi tersebut diwajibkan kepada pelanggan.

“Siapa mau nyelesaian. Kalau dia nggak sanggup ganti instalasinya siapa yang mau tanggung. Ya nggaklah tidak wajib. Misalnya sekarang ada teknologi 4G. Apa kita suruh semua ganti 4G. Ya marah orang nanti,” tandasnya.