Surabaya, Triknews.net – PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur telah sukses melistriki Pulau Gili Iyang, Kecamatan Dungkek, Sumenep, Jawa Timur, pada 10 November lalu.

Menurut General Manager PLN Disjatim, Dwi Kusnanto, ke depan pihaknya akan menyasar sejumlah pulau lain di Kabupaten Sumenep.

Lebih lanjut, Dwi mengatakan, pada 2018 mendatang, ada 14 desa yang tersebar di Pulau Sepanjang, Raas dan Kangean ditarget teraliri listrik.

“Tahun 2018 ada 14 desa yang menjadi sasaran. Semuanya tersebar pada sejumlah wilayah kepulauan Sumenep,” kata Dwi, Senin (13/11).

Untuk tahun 2019, delapan desa juga menjadi sasaran dengan tersebar di Pulau Tonduk, Gua Gua, Paleyat, Masakambing, Saubi, Sakala, Pagerungan Kecil dan Sabunten.

“Kalau untuk 2019 ada delapan desa juga di kepulauan. Kita target semua bisa terlaksana. Selama ini kepulauan di Sumenep bukannya tidak menikmati listrik, namun pengelolanya bukan PLN namun swasta,” paparnya.

Adanya keseriusan itu, Dwi Kusnanto memina Pemerintah Kabupaten Sumenep ikut andil karena program kelistrikan sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat.

“Nanti kita minta Pemerintah Daerah ikut memberikan dukungan. Program kelistrikan ini untuk masyarakat,” ujarnya.

Diterangkan, untuk pembangkit listrik pada sejumlah pulau lain yang menjadi sasaran, PLN akan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Matahari yang disinergikan dengan PLTD.

MoU dengan pengembang telah dilakukan, sehingga penyelesaian program kelistrikan pada sejumlah pulau di Kabupaten Sumenep untuk dua tahun ke depan sesuai rencana.