Jakarta, Triknews.net – Pemerintah melalui PT PLN (Persero) akan menyederhanakan golongan konsumen listrik untuk rumah tangga non-subsidi.

Adapun golongan yang akan disederhanakan adalah 1.300 volt ampere (VA), 2.200 VA, dan 3.500 VA-5.500 VA. Total pelanggan dari semua golongan ini mencapai 12,5 juta pelanggan.

Terkait dengan penyederhanaan itu, Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana menyatakan, pemerintah akan memberikan fasilitas gratis instalasi kenaikan daya atau instalasi miniature circuit breakers (MCB) kepada 12,5 juta pelanggan.

Lebih lanjut, Dadan mengatakan, penyederhanaan golongan tersebut akan memakan waktu hingga Juni 2018.

“Pergantian MCB dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan ketersediaan MCB untuk perubahan dayanya,” kata Dadan, Selasa (14/11).

Menurutnya, dana MCB itu akan ditanggung sepenuhnya oleh PLN. Menurutnya, PLN tidak akan merugi hanya karena menanggung seluruh biaya pergantian MCB. Sebab, hal itu adalah salah satu bentuk investasi bagi PLN.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir menyatakan PLN siap menanggung pergantian MCB degan menyiapkan dana Rp800 miliar hingga Rp900 miliar. Hal ini agar tidak memberatkan masyarakat.

“PLN akan gratiskan kenaikan daya. Kita masih melakukan pembahasan dengan pemerintah,” katanya.

Selain itu, konsumen juga tidak perlu mengkhawatirkan kenaikan harga listrik. Menurutnya, harga listrik juga tidak akan naik. Saat ini, harga listrik nonsubsidi untuk golongan R-1/1.300 VA ke atas ditarif Rp1.467,28 per kilo watt hour (kWh).