PERUBAHAN TARIF LISTRIK
Rencananya, golongan listrik pelanggan nonsubsidi dengan daya 900 voltampere (VA), 1.300 VA, 2.200 VA, 3.500 VA, dan 4.400 VA akan dihapus dan dimasukkan dalam kelompok 5.500 VA.
Dengan demikian, nantinya hanya tersisa golongan listrik 5.500 VA dan 6.600 VA bagi pelanggan nonsubsidi, sedangkan golongan listrik pelanggan subsidi tak akan diubah.

Menurut Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Andy Noorsaman Sommeng, rencana penyederhanaan golongan listrik membutuhkan penggantian instalansi distribusi listrik di dalam rumah.

Pasalnya, kabel-kabel penyalur listrik rumahan harus diperbaharui agar siap menerima daya sebesar 4.400 VA dengan tegangan sekitar 25 Ampere. Berbeda dengan daya listrik 900 VA yang mungkin tegangannya hanya sekitar 5 Ampere.

Biasanya, bila ada pergantian golongan daya listrik, masyarakat yang menanggung biaya pergantian kabel tersebut. Sedangkan PLN, biasanya hanya menyetujui pergantian tersebut.


Namun, rupanya Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengaku, instansinya siap mengambilalih beban tersebut. Dengan demikian, seluruh biaya pergantian teknis tersebut akan ditanggung PLN, sehingga masyarakat tak terbebani.

“Saya pikir supaya itu aman mending digratiskan saja,” katanya.