Jakarta, Triknews.net – Ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan oleh pelanggan terkait rencana penyederhanaan golongan listrik rumah tangga non-subsidi. Salah satunya karena tidak diikuti kenaikan tarif. Namun masih ada hal lain yang bisa diambil manfaatnya.

Direktur Regional PT PLN (Persero) Jawa Bagian Tengah, Amir Rosidin menyatakan, langkah penyederhanaan golongan itu dapat mengurangi pencurian listrik. Karena pelanggan bisa melakukan penambahan daya secara legal.

Nantinya, lanjut Amir, kebijakan penyederhanaan golongan pelanggan diiringi penambahan daya untuk golongan 1.300 volt ampere (VA), 2.200 VA, 3.300 VA, dan 4.400 menjadi 5.500 VA.

Menurut Amir, PLN ‎akan membebaskan biaya penambahan daya tersebut, sehingga dapat meringankan masyarakat yang selama ini mengurungkan niatnya untuk menambah daya karena beban biaya yang besar.

‎”Ini kita beri kemudahan untuk masyarakat. Kita bebaskan biaya untuk penambahan dayanya,” kata Amir, di Jakarta, Sabtu (18/11).

Amir menyatakan, program penambahan daya tanpa dipungut biaya tersebut akan mengurangi pencurian listrik. Selama ini masyarakat kerap melakukan aksi penambahan daya secara ilegal.

“Kalau lihat sekarang pencurian, kebanyakan orang perbesar pembatas, dia itu mencuri. Dari pada itu kita legalkan saja,” tutur Amir.

Amir mengungkapkan, masyarakat tidak perlu khawatir atas adanya rencana penambahan daya listrik ini. PLN tidak mewajibkan pelanggannya‎ untuk menambah daya. Selain itu, jika mengikuti penambahan daya tidak akan mengalami kenaikan tarif dan biaya abodemen.

“Abodemennya kita tidak ubah, sesuai dengan awal. Cuma saat penambahan ini PLN nanggung,” pungkasnya.