Bandung, Triknews.net – PT PLN (Persero) terus mendorong penggunaaan kendaraan listrik. Pasalnya, kendaraan tersebut menjadi solusi bagi minimnya bahan bakar serta tidak mencemari lingkungan sekitar.

Dukungan ini disampaikan langsung oleh Manajer Komunikasi, Hukum dan Administrasi PLN Distribusi Jawa Barat, Herry Zulkarnain, di sela acara pembukaan Kompetisi Mobil Listrik (KMLI) ke-9 yang diselenggarakan pada 23-25 November 2017 di kampus Politeknik Negeri Bandung (Polban).

Hery menilai kendaraan listrik sebagai moda transportasi yang efisien, ekonomis, aman serta ramah lingkungan.

Dengan alasan itulah, kata Herry, PLN mendukung penyelenggaraan kompetisi tersebut.

“Kami menilai kompetisi ini cukup unik dan sejalan dengan kebutuhan masyarakat juga pemerintah yang saat ini sedang┬áconcern terhadap┬ápengembangan kendaraan listrik di Indonesia,” kata Herry kepada wartawan di Bandung, Rabu (22/11).

Dukungan KMLI ke-9 ini sejalan dengan upaya PLN untuk terus menambah instalasi Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang ke depannya akan menjadi infrastruktur penting bagi perkembangan mobil listrik di Indonesia.

Herry menyebutkan pengembangan SPLU untuk menjawab tantangan akan kebutuhan penggunaan kendaraan listrik yang dipastikan akan terus meningkat.

SPLU ini ke depannya akan dikembangkan di puast keramaian, kantor pemerintahan dan tempat lainnya agar masyarakat dapat leluasa melakukan kegiatan pengisian daya baterai kendaraan listrik.

“Jika didukung dengan baik oleh seluruh stakeholder, maka kami optimis pengembangan kendaraan listrik di Indonesia akan menjadi solusi yang paling baik untuk digunakan masyarakat secata massal,” ungkap Herry.

Berkenaan dengan pasokan daya dan jaringan kelistrikan, Herry menjelaskan pihaknya akan terus berupaya mengembangkan jaringan kelistrikan yang andal dan pasokan memadai. Untuk wilayah Jawa Barat, daya sistem kelistrikan sudah mencapai 9.876 MW dan masih dalam kondisi surplus.

Herry menegaskan kondisi pasokan kelistrikan di Jawa Barat dinyatakan sudah sangat siap menyambut era kendaraan listrik saat ini maupun di masa yang akan datang,” tutur Herry.

“Masyarakat tidak perlu khawatir tentang listriknya, PLN sudah siap. Tinggal atur saja penggunaannya,” pungkasnya.