Jakarta, Triknews.net – Jajaran Kepolisian Polres Meranti membekuk dua pria yang diduga telah mencuri kabel optik NYY berukuran 70 atau lebih kurang senilai Rp125.000.000 milik PT PLN Area Dumai.

Keduanya dibekuk di jalan Rintis Gang Bakti, Kecamatan Tebing Tinggi, Kepulauan Meranti, Riau, pada pada Rabu (22/11).

Tersangka MIS (26) warga Jalan Rintis Gang Bakti dan PR (17) warga Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, kini mendekam di kantor polisi.

Berdasarkan informasi yang diterima, salah satu tersangka masih berstatus pelajar itu diamankan pihak kepolisian berdasarkan Laporan oleh Korban bernama Eko Janeri (25) Warga Jalan Merdeka,Minggu 19/11/2017 dengan Nomor : LP / 109 / XI / 2017 /RIAU /RES. KEP. MERANTI / SPKT, pada tanggal 21 November 2017 yang disaksikan Heruanda (51) dan Shinta (42) warga jalan Rintis Gang Habib Kelurahan Selatpanjang Timur.

Pada Ahad, 19 November 2017 sekira pukul 04.00 WIB sewaktu HE (laki-laki) bangun dari tidur dan hendak mengambil air wudhu untuk Salat Subuh HE masih melihat kabel optik merk NYY ukuran 70 milik kantor PLN area Dumai tersebut yang dititipkan kepada EJ (laki-laki) di halaman depan rumah abang Ipar HE namun sekira pukul 06.00 WIB. Setelah selesai melaksanakan ibadah HE sudah tidak melihat kabel (hilang).

Atas kejadian tersebut Korban mengalami kerugian material lebih kurang sebesar Rp125.000.000.

Selanjutnya tersangka menjual barang hasil curian kabel optik tersebut kepada penampung barang bekas di Jalan Tanjung harapan sebanyak 27 Kilo dengan harga Rp1.647.000 kepada Sariyana Simanjuntak alias Butet (51) dan Saudara Dahlan Pasaribu alias Dahlan (59) warga Tanjung Harapan

Dari tangan tersangka pihak kepolisian berhasil mengamankan barang bukti (BB) berupa martil dengan gagang berwarna kuning, pisau dapur dengan gagang berwarna kuning, kulit kabel optik bekas (1 karung), kuningan kabel optik seberat 27 Kg .Selanjutnya tersangka diamankan ke kantor polisi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Penangkapan itu terjadi pada Rabu 22 November 2017. Tim Opsnal Sat Reskrim melakukan penyelidikan dan mencari informasi, selanjutnya sekira pukul 14.30 WIB tim mendapatkan informasi bahwa pelaku pencurian adalah MI (laki-laki) dan PR (laki-laki) serta 3 orang lainnya.

Pada pukul 15.00 WIB, tim bergerak menuju rumah MI dan langsung mengamankan diduga pelaku dan PR dari rumah pelaku, tim juga mengamankan barang bukti berupa martil dengan gagang warna kuning dan pisau dapur gagang warna kuning serta kulit kabel optik bekas.

Dari keterangan tersangka bahwa tersangka melakukan pencurian tersebut bersama tiga rekan lainnya saat ini menjadi DPO yang sudah dikantongi identitasnya oleh pihak kepolisian.