Jakarta, Triknews.net – Akhir-akhir ini, hujan lebat yang disertai angin melanda sejumlah daerah, dan tak jarang mengakibatkan kerusakan pada jaringan listrik PT PLN (Persero).

Karena itu, PLN Distribusi Jawa Timur meminta kepada pelanggan agar lebih tanggap dan segera melaporkan kepada PLN jika melihat ada kerusakan jaringan listrik di lingkungannya.

Deputy Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jatim, Pinto Raharjo mengatakan, banyak penyebab terjadinga gangguan jaringan listrik, terlebih saat hujan lebat dan angin kencang. Gangguan-gangguan yang dimaksud adalah seperti pohon tumbang atau gangguan hewan seperti tikus.

“Sekecil apa pun gangguan harus segera diatasi agar pasokan listrik ke konsumen tidak terganggu. Lapor ke PLN ketika ada batang pohon yang mendekati jaringan listrik, jangan dibiarkan karena sangat bahaya,” kata Pinto di Surabaya, Kamis (23/11).

Pinto menjelaskan, pelanggan bisa menghubungi call centre 123 atau melaporkan kepada kantor pelayanan PLN jika melihat sesuatu yang bisa mengganggu jaringan listrik. Sebagai langkah antisipasi, PLN Distribusi telah mengangkat Mandor Line, dimana para petugas ini nantinya akan melakukan investigasi tentang jaringan disejumlah lokasi.

“Dari peninjauan lokasi diketahui apakah ada pondasi tiang listrik yang retak, atau ada dahan yang mendekati jaringan, apa ada kabel yang mengelupas, atau ada material lain yang dapat menggangu jaringan,” ujar Pinto.

Pinto melanjutkan, sampai saat iniĀ  pasokan listrik Jatim yang dihasilkan dari berbagai pembangkit mencapai 8.670 Mega Watt (MW). Sementara kebutuhan listrik di Jatim rata-rata sebesar 5.000 MW, dan saat puncak, konsumsi listrik masyarakat Jatim hanya sebesar 5.600 MW.

“Artinya kalaupun ada listrik padam, pasti itu karena gangguan bukan karena suplai listrik kurang,” kata Pinto.