Surabaya, Triknews.net – PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur (Disjatim) melalui program corporate social responsibility (CSR) yang dimilikinya, memiliki agenda pelestarian lingkungan.

Program pelestarian lingkungan ini dilakukan sebagai upaya penyeimbangan lingkungan akibat kerja operasional perusahaan dalam pemeliharaan jaringan.

Karena untuk mempertahankan kehandalan jaringan listrik, PLN perlu merabas dahan-dahan pohon yang mendekati jaringan agar tidak menimbulkan sentuhan yang berakibat pada gangguan pasokan ke masyarakat.

Dengan alasan itulah, PLN Disjatim melalukan reboisasi atau penanaman kembali pohon-pohon yang ditebang itu.

General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, Dwi Kusnanto, menuturkan bahwa sejak tahun 2016, program ini dilakukan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya. Pada 2016 lalu PLN memberikan 7.100 pohon dari jenis perdu dengan total nilai Rp 50 juta.

“Kami ingin menyeimbangkan lingkungan agar tetap hijau,” kata Dwi saat melakukan penanaman pohon di Wonorejo Surabaya, Senin (27/11).

Di tahun ini, gerakan merambah ke seluruh Jawa Timur yang dilakukan di 13 area dengan masing-masing menyalurkan 150 pohon jenis cemara udang dan pagoda. Untuk wilayah Surabaya sejumlah 5.250 pohon pelindung (pagoda, trembesi, pule, tabe puya) dan dari jenis pohon perdu lainnya dengan nilai Rp. 62.500.000. Sehingga untk tahun 2017 ini total 7.200 pohon untk seluruh jawa timur dengan nilai Rp. 387.500.000.

Penanaman pohon ini juga dihadiri Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.