PERUBAHAN TARIF LISTRIK

Banyumas, Triknews.net – Petugas Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Banyumas, Jawa Tengah, menangkap salah seorang dari kawanan pencuri dengan modus mengaku sebagai petugas PT PLN (Persero).

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Polres Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Bambang Yudhantara Salamun, kepada awak media di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin (27/11).

“Penangkapan terhadap para pelaku dilakukan berdasarkan laporan dari korban, Ibu Soemirah (79), warga Kelurahan Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan,” kata Bambang.

Ia mengatakan kasus pencurian tersebut terjadi pada 19 Juli 2017 saat korban didatangi empat orang yang mengaku sebagai petugas PLN, tiga orang di antaranya perempuan.

Mereka menunjukkan surat tugas, brosur, dan beberapa dokumen lain sembari menjelaskan instalasi listrik serta mencatat identitas korban.

Saat korban sibuk melayani salah seorang pelaku yang berjenis kelamin laki-laki, tiga pelaku lain masuk ke dalam rumah dengan alasan menumpang ke kamar mandi.

Setelah mengetahui korban hanya seorang diri di dalam rumah, tiga perempuan itu segera masuk ke dalam kamar dan mengambil uang milik korban sebesar Rp4,7 juta, selanjutnya kembali ke ruang tamu.

Usai mendata identitas korban, keempat orang itu pamit untuk pergi. Ketika korban masuk ke kamar mendapati uang tersimpan dalam dompet yang tergeletak di atas kasur telah hilang sehingga kejadian itu segera dilaporkan ke polisi.

Dalam laporannya, korban menjelaskan bahwa empat orang yang diduga sebagai kawanan pencuri itu datang dengan menggunakan mobil Datsun warna kelabu dan di atasnya terdapat tempat untuk meletakkan bagasi dengan pelat nomor B dan tiga huruf di belakangnya tertulis KRX.

Kapolres mengatakan setelah empat bulan melakukan penyelidikan, petugas Satreskrim Polres Banyumas yang sedang berpatroli di Kecamatan Rawalo mendapati mobil dengan ciri-ciri seperti yang disebutkan oleh Soemirah.

“Anggota Satreskrim segera menghentikan dan menggeledah mobil itu hingga akhirnya mendapati dokumen-dokumen PLN,” katanya.

Dalam penggeledahan tersebut, kata dia, petugas menemukan dokumen yang di dalamnya tercantum nama Soemirah.

Oleh karena itu, petugas segera menangkap pria yang mengendarai mobil Datsun tersebut dan membawanya ke Markas Polres Banyumas untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

“Pria tersebut berinisial MLZ (25), warga Bekasi, Jawa Barat, sedangkan tiga pelaku lainnya yang seluruhnya perempuan masih dalam pencarian,” katanya.

Ia mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan, MLZ mengakui telah mencuri bersama tiga rekan perempuannya dengan mengaku sebagai petugas PLN.

Menurut dia, pelaku bakal dijerat Pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.