Sidoarjo, Triknews.net – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melaporkan bahwa akibat banjir yang melanda KabupatenĀ  Pacitan, sejumlah infrastruktur penerangan milik PT PLN (Persero) mengalami kerusakan.

Akibatnya, PLN melakukan pemadaman kepada 76.000 pelanggan di Pacitan, Rabu (29/11) kemarin.

Informasi itu disampaikan Pemprov JatimĀ  setelah mendapat laporan dari PT PLN langsung. Setidaknya terdapat 10 jurusan tegangan menengah 20 KV yang padam.

Selain itu sebanyak 454 trafo padam, sehingga dari 123.000 pelanggan PLN di Pacitan, terdapat 76.000 pelanggan yang mengalami pemadaman.

Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, PLN juga melaporkan beberapa tiang listrik roboh dan patah, serta panel trafo yang terendam air.

“Pemadaman atas pertimbangan keamanan masyarakat. Kalau tetap dialiri listrik malah berbahaya karena masyarakat bisa tersengat listrik,” kata Gus Ipul.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, banjir di Pacitan meluas, menggenangi 13 desa di 3 kecamatan. Yaitu Kecamatan Pacitan (Desa Sirnoboyo, Sukoharjo, Kayen, kembang, Ploso, Arjowinangun, dan Desa Sidoharjo).

Di Kecamatan Kebon Agung, banjir terjadi di Desa Purworejo, Banjarjo, dan Kebon Agung. Sementara di Kecamatan Arjosari terjadi di Desa Pagutan, Jatimalang, dan Arjosari. Akibat banjir tersebut, akses menuju jalan lintas selatan dikabarkan lumpuh total.