Jakarta, Triknews.net – Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menuturkan kalau rasio elektrifikasi listrik Indonesia saat ini sudah mencapai 93,08%. Angka ini sudah melebihi target di 2017 sebesar 92,75%.

Sekretaris Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Agoes Triboesono, menjelaskan, di 2019 mendatang rasio elektrifikasi ditargetkan mencapai 100%. Artinya tidak ada lagi daerah yang belum teraliri listrik di 2019 mendatang.

“2019 kita usahakan untuk itu,” kata Agoes dalam Forum Merdeka Barat (FMB) di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Kamis (30/11).

Dilihat per daerah, rasio elektrifikasi tertinggi ada di Jawa Barat sebesar 99,87% dan disusul Banten 99% dan DKI Jakarta 98,8%. Secara keseluruhan, berbagai daerah di Indonesia sudah memiliki rasio elektrifikasi di level 70-90%.

Namun, masih ada beberapa daerah yang rasio elektrifikasinya masih belum memuaskan, yaitu NTT 58,99% dan Papua 48,91%.

“Rasio elektrifikasi nasional 93,08%. Ada dua wilayah masih belum terlistriki dengan baik ada Papua sama di NTT,” ujar Agoes.

Agus menambahkan, saat ini terus dilakukan upaya percepatan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah timur Indonesia. Hanya saja terdapat beberapa tantangan yang harus dilalui PLN untuk melistriki wilayah terpencil Indonesia.

“Indonesia ini negara ini kepulauan l, kesulitan buat kita transportasi infrastruktur lain susah. Itulah kesulitan kita negara kepulauan,” tutur Agoes.