PERUBAHAN TARIF LISTRIK

Bangko, Triknews.net – Manager PT PLN (Persero) Rayon Bangko, M Ghazali, menuturkan bahwa pihaknya terus berupaya meningkatkan jumlah pelangan listrik prabayar.

Menurut Ghazali, saat ini, sekitar 56 persen dari 80 ribu pelanggan yang ada di Kabupaten Merangin sudah beralih menggunakan listrik prabayar.

Informasi ini disampaikan Ghazali saat dihubungi awak media, Kamis (31/11).

“Pelanggan yang menggunakan listrik pra bayar terus meningkat. Saat ini sudah 56 persen pelanggan kita pengguna listrik prabayar,” kata Ghazali.

Makin tingginya pengguna listrik pra bayar lanjutnya, telah menunjukkan jika pelanggan listrik semakin sadar akan keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh. Keuntungan dari pemakaian listrik pra bayar, antara lain pelanggan terbebas dari kesalahan pembacaan meter dan denda biaya keterlambatan jika terlambat mengisi.

“Kalau pakai listrik pintar, pulsa habis dan tidak segera diisi, maka otomatis listrik tidak menyala, tapi tidak dikenakan denda biaya keterlambatan seperti halnya listrik konvensional,” ujar dia.

Ditambahkan, keuntungan lainnya yakni tidak ada biaya abodeman dan pelanggan PLN juga terbebas dari uang jaminan langganan.

“Jumlah token listrik yang terisi pun tak berbatas waktu, dan tidak pernah kadaluwarsa,” imbuhnya.

Dia juga membeberkan salah satu cara meningkatkan jumlah pelanggan menggunakan beralih ke listrik pra bayar. Yakni menganti meteran pelangan yang menungak hingga dilakukan sanksi pencabutan meter.

“jadi mereka yang meterannya telah dicabut. Jika mereka ingin memasang kembali harus menggunakan listrik pra bayar,” pungkasnya.