Ilustrasi

Jakarta, Triknews.net – PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali meraih penghargaan di kancah nasional.

Bertempat di Balai Kartini, Jakarta, jajaran pejabat perusahaan pelat merah itu menyabet penghargaan Indonesian CSR Awards 2017 untuk bidang Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Disjateng dan DIY, Hardian Sakti Laksana, berkesempatan menerima penghargaan tersebut dari Hari Purwanto, sebagai Staf Ahli Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Hardian mengatakan penghargaan itu diraih atas jerih payah perusahaannya dalam mengembangkan kawasan Ekowisata Sungai Mudal di Kulonprogo.

“Program pengembangan Sungai Mudal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PLN, khususnya dalam menjaga kelestarian lingkungan. Melalui program ini kami membantu mengangkat potensi alam untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar kawasan Sungai Mudal,” ujarnya Jumat (1/12) kemarin.

PLN, kata Hardian, menggagas pemanfaatan sumber air menjadi potensi wisata di Kulonprogo. Karenanya, PLN memilih Sungai Mudal sebagai ekowisata.

Selain pelestarian sumber air, PLN turut menanam 1.000 bibit pohon pala, mendirikan musala, membuat jalan setapak, memperbaiki sarana air bersih, dan melakukan konservasi anggrek bareng Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Sungai Mudal telah memberikan dampak positif bagi perekonomian warga salah satunya adanya warung di sekitar lokasi, jasa ojek dan lahan parkir,” bebernya.

Hari Purwanto, Staf Ahli Kemenristekdikti menyebut bila penghargaan ini sebagai apresiasi kepada perusahaan yang telah peduli pada investasi sosial dan pembangunan yang berkelanjutan. Pada tahun yang sama, PLN juga meraih Green Awards dan award CSR.

Hardian menambahkan penghargaan dari Kemenristek diharapkan tidak menjadikan puas, melainkan memacu semangat dalam meningkatkan kepedulian lingkungan.