Jakarta, Triknews.net – PT PLN (Persero) telah mendatangkan dan memasang dua pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) dengan kapasitas masing-masing 80 kilowatt di Papua Barat. Dagan daya 160 KW ini, wilayah ini sudah terang benderang.

PLTD ini sudah hadir sejak 21 April 2017 lalu. Selain di wilayah itu, pada tahun-tahun mendatang, PLN akan menargetkan daerah lain untuk bisa menikmati listrik.

“Saat ini warga di Fef bisa membeli kulkas atau televisi untuk menikmati siaran berita atau film,” tutur Imelda Yewen, warga Distrik Fef, Kabupaten Tambrauw, Sorong, Papua Barat.

Apa yang dirasakan warga Distrik Fef di Sorong itu merupakan potret pelayanan listrik yang terus menjangkau pelosok Tanah Air. Hingga September lalu, sebanyak 73.656 desa telah teraliri listrik.

“Beberapa daerah memang masih perlu digenjot kelistrikannya, misalnya di Papua dan Nusa Tenggara Timur. Ini kita pacu terus,” ungkap Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka dalam Forum Merdeka Barat 9 bertajuk “Pelayanan Ketenagalistrikan Indonesia” di Jakarta, Kamis (30/11).

Adapun rasio elektrifikasi Papua saat ini sebesar 48,91 persen dan ditargetkan naik menjadi 77,7 persen pada 2019.