Jakarta, Triknews.net – PT PLN (Persero) berkomitmen untuk tidak menaikan tarif listrik sepanjang 2017. Untuk tahun depan, PLN tetap mengupayakan agar tarif listrik juga tak mengalami kenaikan.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, pihaknya terus berupaya membuat tarif listrik tidak naik. Sofyan mengakui hal tersebut berat untuk dicapai karena kondisi Biaya Pokok Produksi listrik naik akibat harga bahan bakar primer pembangkit naik.

“Untuk tahun depan ini, ya nanti kami bertahan di tarif tetap. Walaupun memang berat. Kami berupaya karena memang komponen batu bara ini hampir 60 persen,” kata dia, di Jakarta, Senin (4/12).

‎Sofyan mengakui memang lebih baik lagi tarif listrik mengalami penurunan, karena akan meringankan beban masyarakat. Namun jika hal tersebut tidak bisa dilakukan, PLN berupaya membuat tarif listrik tetap.

“Paling bagus itu kan kita berupaya turun, kan meringankan masyarakat, industri, paling mahal ya tetap,” tuturnya.

Menurut Sofyan, upaya PLN dalam membuat tarif listrik tetap, ketika harga bahan bakar energi primer naik adalah dengan cara efisiensi. Namun, dia berharap harga batubara yang dibeli untuk kelistrikan bisa turun agar tarif listrik juga bisa diturunkan.

“Jadi kalau harga batubara bisa turun lagi, kami peluangnya masih besar lagi untuk elektrifikasi daerah timur, dan tarif listrik tidak perlu naik,” tutup Sofyan.