KENAIKAN TARIF LISTRIK

Jakarta, Triknews.net – PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) terus mengedukasi pelanggan untuk menumbuhkan kebiasaan membayar listrik lebih awal, yaitu sebelum tanggal 20 setiap bulannya. Bayar di awal waktu agar menghindari penghentian aliran listrik dan membengkaknya tunggakan tagihan.

Kegiatan edukasi itu diberi nama ‘Demi Senyum Pelanggan, Sehari Terus On’ atau Despasito. Kegiatan kunjungan dan sapa pelanggan ini dilakukan serentak oleh 16 area pelayanan kerja Disjaya.

General Manager PLN Disjaya M Ikhsan Asaad mengungkapkan ada 1.720 pegawai PLN dan mitra kerja yang akan mengunjungi dan menyapa 23 ribu pelanggan PLN selama dua hari berturut-turut pada 8-9 Desember 2017.

“Kita ingin agar masyarakat dapat menikmati listrik dengan aman dan nyaman tanpa kekhawatiran karena sudah membayar tagihan listrik lebih awal,” kata Ikhsan dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu, 9 Desember 2017.

Sementara itu, Ikhsan meyakini konsumsi listrik di wilayah PLN Disjaya untuk tahun depan terjadi kenaikan sekitar 100 megawatt (mw) lantaran adanya gelaran Asian Games 2018.

PLN Disjaya telah melakukan upaya antisipasi penyediaan pasokan konsumsi listrik pada saat helatan itu berlangsung, di antaranya dengan membangun jaringan gardu distribusi baru yang berasal dari interkoneksi jaringan Jawa-Bali.

Khusus untuk area gelanggang olahraga, kata Ikhsan, diperlukan listrik sebesar 20-30 mw, sementara untuk daerah lainnya akan di-backup dengan genset.

“Akan kami siapkan genset emergency untuk mem-backup, daya yang sudah diantisipasi PLN untuk acara (secara keseluruhan) 100 mw,” tutur dia.

Saat ini, kata Ikhsan, PLN Disjaya memiliki delapan subsistem jaringan yang terkoneksi dengan jaringan Jawa Bali. Sementara jumlah gardu distribusi atau instalasi di Jakarta ada 17 ribu instalasi.