Sumenep, Triknews.net – PT PLN (Persero) Pusat telah mengirimkan sebanyak 10 unit mesin yang masing-masing mesin memiliki kapasitas 500 Kw ke pulau Kangen, Sumenep, Jawa Timur.

Dengan adanya kiriman 10 mesin diesel ini, tampaknya keinginan masyarakat kepulauan Kangean akan terpenuhi untuk menikmati listrik 24 jam.

“Tadi saya mendapat kabar dari PLN, jika hari ini 10 unit mesin tiba di Pelabuhan Batu Guluk Kangean,” kata Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, Sabtu (9/12).

Politisi PDI Perjuangan Sumenep ini mengatakan, dengan 10 unit mesin yang setiap mesinnya memiliki 500 Kw tersebut, sangat cukup untuk memberikan pelayanan listrik 24 jam. Sebab kebutuhan daya listrik di kepulauan Kangean Sumenep, hanya berkisar 2.700 kw, bahkan dengan kekuatan daya yang sebesar 5.000 kw tersebut, pada tahun 2018 PLN akan memperluas jaringan di wilayah Kangean.

“Tahun 2018, PLN akan memperluas jaringan dan penambahan pelanggan hingga Kecamatan Kangayan,” ujar Oji panggilan akrab Wabup Sumenep, Achmad Fauzi.

Ia berharap adanya dukungan dari semua pihak dalam mensukseskan listrik menyala 24 jam di Kepulauan Kangean. Terutama program PLN yang nantinya para pelanggan harus mengganti meteran dari pasca baya ke prabayar.

“Saya akan melakukan sosialisasi dengan menggandeng Kepala Desa, dan juga akan meminta kepada PLN agar perubahan meteran tersebut gratis, seperti di Kepulauan Sepudi,” imbuhnya.