Pangkalpinang, Triknews.net – General Manager (GM) PT PLN Wilayah Babel, Susiana Mutia, menuturkan kalau pihaknya tekah menyiapkan 500 orang petugas siaga demi kelancaran perayaan Natal dan Tahun baru 2018.

Menurut Susiana, para personel tersebut disiagakan baik pada pembangkitan sistem transmisi, gardu induk dan distribusi.

Dalam kesiapan tersebut personel akan siap standby dalam pengoperasian, penormalan gangguan baik pada jaringan tegangan tinggi, tegangan menengah, maupun tegangan rendah, serta melakukan manuver jaringan apabila terjadi gangguan mendadak.

Dalam kesiagaan tersebut sebanyak 44 titik tempat ibadah di Babel akan mendapatkan prioritas suplai pasokan listrik dengan dibackup standby genset dan personel.

Titik-titik tersebut tersebar antara lain empat Gereja di Kabupaten Belitung, tujuh di Belitung Timur, enam di Pangkalpinang, lima di Sungailiat, empat di Muntok, 10 di Koba dan delapan di Toboali.

Sedangkan untuk meminimalisir pamadaman pada sisi pembangkit telah dilaksanakan pemeliharaan, agar mesin beroperasi lebih optimal. Dari sisi ketersediaan bahan bakar, pasokan BBM rata-rata cukup untuk 21 hari, sedangkan batubara cukup untuk 18 hari.

Susiana melanjutkan, untuk sisi transmisi, gardu induk dan distribusi PLN telah melakukan perambasan pohon dan pemeliharaan jaringan guna meminimalisir adanya gangguan.

Sedangkan untuk meningkatkan kesiagaan operasi pihak PLN juga telah menambah sarana pendukung lainnya yakni 33 unit kendaraan pelayanan teknik, tiga unit trafo mobil, 10 mobil genset dan beragam genset berkekuatan sampai dengan 675 KW.