Sumber: aktual.com

Jakarta, Triknews.com – Perkembangan dunia internet yang seolah tanpa batas teritori, menjadikan para penggunanya bebas dan mudah berinteraksi dengan sesama pengguna lain di lokasi, situasi dan kondisi yang berbeda.

Media-media sosial yang banyak bertebaran di dunia internet saat ini, memiliki manfaat yang luar biasa besarnya, misalnya untuk menjalin silaturrahmi atau hanya sekedar saling sapa, tanya jawab dan seterusnya.

Kenyataan seperti inilah yang disadari Presiden Joko Widodo saat ini.

Sebagai penguasa nomor satu di negeri ini, dia memiliki cara unik untuk memberdayakan media sosial yang ada, khususnya yang banyak digemari generasi muda saat ini.

Saat ini, Jokowi memanfaatkan akun facebook miliknya untuk menjalin silaturrahmi dengan anak-anak bangsa generasi yang biasa disebut dengan generasi milenial. Interaksi secara virtual ini, dipergunakan untuk tanya-jawab mengenai tema apa saja.

Bagi anak bangsa yang berada pada usia 13 sampai 20 tahun, bisa menyampaikan satu pertanyaan melalui video berdurasi maksimal 30 detik dengan keharusan mencantumkan nama dan usia di awal video.

Video itu sudah harus terlebih dahulu diupload ke akun Youtube milik si penanya. Lalu, penanya bisa mengirimkan link video tersebut ke akun facebook milik presiden di  Presiden Joko Widodo/Jokowi. Lalu jawaban akan disampaikan presiden melalui video juga.

Hanya saja, bagi mereka yang ingin bertanya dan ingin dijawab oleh presiden, agar tidak lupa menuliskan hastag atau tanda pagar #JokowiMenjawab.

Tanya jawab ini hanya bisa dilakukan apabila penanya mengirimkan video dari tanggal 18 Februari sampai 25 Februari 2017 nanti.

Apa yang dilakukan presiden ini dinilai oleh Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin sebagai cara untuk mendengar masyarakat dengan memanfaatkan media sosial.

“Tahap awal, Presiden memilih mendengarkan generasi muda,” katanya, Sabtu, (18/2). (AF).