Triknews.net – Komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) Bandung telah mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon Gubernur-calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

Komunitas LGBT yang mengatasnamakan diri sebagai Komunitas Pendukung Ridwan Kamil (Kopermil) tersebut menyampaikan dukungan mereka kepada Ridwan Kamil di Warunk Upnormal kawasan Burangrang kota Bandung, Kamis (15/2/2018). Ada sekitar 50-an orang dari komunitas LGBT tersebut yang hadir pada deklarasi dukungan kepada paslon nomor urut 1 tersebut.

Koordinator Kopermil, Nisa mengatakan bahwa deklarasi dukungan komunitas LGBT tersebut digelar karena Ridwan Kamil menerima dan tidak mendiskriminasikan kalangan komunitas LGBT. Hal itu, kata dia, terlihat dari pernyataan Ridwan Kamil yang dimuat di media online Netizenindonesia.com.

“Yang mana beliau mengatakan bahwa di negeri Pancasila ini semua orang punya hak, jadi saya tidak permasalahkan soal keberadaan kaum LGBT, itu ranah pribadi, saya tujuh tahun di luar negeri, bos saya di Amerika seorang gay, tapi tidak ada masalah,” ujar Nisa menirukan pernyataan Ridwan Kamil.

Karena alasan itu, Nisa menegaskan komunitas LGBT yang ada di Bandung mendukung Ridwan Kamil pada pesta demokrasi lima tahunan di Jawa Barat tersebut.

“Bagi kami pak Ridwan Kamil pantas untuk kami beri dukungan sebagai bentuk apresiasi atas pernyataan beliau yang tidak mempermasalahkan keberadaan komunitas kami,” katanya.

Nisa menuturkan Deklarasi ini sekaligus memperjelas dan mempertegas bahwa Kopermil yang terdiri dari Komunitas Lesbi, Gay Biseksual dan Transgender (LGBT) di kota Bandung secara sukarela akan menjadi Relawan untuk memenangkan pasangan Ridwan Kamil-UU Ruzhanul Ulum.

Dia juga menambahkan bahwa deklarasi dukungan selanjutnya kepada paslon Ridwan Kamil – UU Ruzhanul Ulum juga akan digelar di Taman Jomblo. Selanjutnya, kata dia, komunitas LGBT berharap, pertemuan akbar yang bakal digelar dihadiri pasangan Ridwan Kamil – UU Ruzhanul Ulum.

“Pasca Deklarasi ini, kami akan melakukan pertemuan sekaligus konsolidasi bersama teman-teman LGBT lainnya untuk melaksanakan agenda selanjutnya, yakni pertemuan akbar sekaligus pernyataan dukungan terbuka sebagai Relawan yang mendukung bapak Ridwan Kamil bertempat di taman jomblo nantinya. Kami berharap beliau bersama pasangan wakilnya dapat hadir diacara tersebut,” katanya. (PN).