Triknews.net – Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menilai tidak ada salahnya kalau PDI Perjuangan mengkaji nama Budi Gunawan sebagai bakal calon wakil presiden (Cawapres) untuk menjadi pendamping Jokowi di Pilpres 2019 mendatang.

“Sosok Budi Gunawan ini layak dipertimbangkan selain nama-nama lainnya. Katakan lah masuk nominasi bursa cawapres, PDI Perjuangan tentu akan membahas secara detail dengan hati-hati dan penuh pertimbangan dari berbagai aspek. Tentu tidak satu nama, tapi sejumlah nama dibahas termasuk Budi Gunawan,” kata Karyono kepada wartawan di Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Menyusul keputusan PDI Perjuangan yang telah menetapkan Jokowi sebagai calon presiden (Capres) pada pilpres 2019, saat ini nama cawapresnya mulai digodok. Sejumlah nama sudah mulai disebut sebagai pendamping Jokowi.

Bahkan, Ketua DPP PDI P (non aktif) Puan Maharani menuturkan, banyak hal yang dipertimbangkan dalam penentuan kriteria cawapres pendamping Jokowi di Pilpres 2019 nanti.

Melanjutkan pernyataannya, Karyono Wibowo menyebut Budi Gunawan memenuhi syarat jika dilihat dari segi kemampuan dan integritas yang dimilikinya.

“Menurut saya BG pantas lah kalau untuk mendampingi Pak Jokowi,” ujar pendiri Indonesian Public Institute (IPI) ini.

Dalam pandangannya, Jokowi saat ini menjadi kandidat presiden paling kuat. Karena itu, jika dia berpasangan dengan sejumlah tokoh nasional cenderung masih tinggi elektabilitasnya, termasuk jika berpasangan dengan Budi Gunawan.

Demikian pula apabila Jokowi berpasangan dengan tokoh lain seperti Moeldoko mantan panglima TNI, Anies Baswedan, AHY, Gatot Nurmantyo, Sukarwo (gubernur Jawa Timur), Ridwan Kamil, Tri Rismaharini.

“Kekuatan intinya ada di figur Jokowi,” kata Karyono sambil menambahkan bahwa semua nama-nama tersebut punya peluang untuk menjadi pendamping Jokowi di Pilpres 2019 karena kata kuncinya adalah Jokowi. (rel)