Jakarta – Para pemudik di 2018 kali ini merasa sangat puas dan mengapresiasi kinerja pemerintahan Jokowi dengan kesigapannya setia melayani rakyatnya yang melakukan perjalanan ke kampung halamannya masing-masing.

Selain itu, secara keseluruhan publik tanah air sangat menikmati proyek infrastruktur jalan yang diinisiasi pemerintahan Jokowi dari Sabang sampai Merauke, khususnya area mengarah ke Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur telah siap dan aman melayani pemudik.

Infrastruktur terutama jalan tol yang dibangun tersebut telah membantu masyarakat banyak. Terutama dalam menyambut hari raya Idul Fitri yang jatuh dalam beberapa hari lagi.

Mereka senang dalam perjalanannya lancar pulang sampai ketujuan kampung halaman.

Mudik yang menjadi tradisi setiap lebaran dari tahun ke tahun ini terasa beda lantaran masyarakat Indonesia yang biasanya dihadapkan dengan waktu tempuh yang lama. Namun kini dengan adanya pembangunan jalan tol ini, waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lainnya bisa lebih singkat.

Hal itu tercermin dari dioperasikannya sebagian jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Maupun tol-tol lainnya dari berbagai wilayah.

“Alhamdulillah, lancar mudik kali ini. Lebih bagus dari tahun sebelumnya,” kata Zein yang akan menempuh perjalanan ke Bakahuni.

Para pemudik lainnya juga mengapresiasi proyek tol yang digaungkan pemerintahan Jokowi. Selain itu, mereka mengapresiasi kinerja aparat Kepolisian yang memberikan pelayanan kepada para pemudik.

“Tolnya sudah bagus, sudah mantap. Terima kasih kepada Pak Polisi yang sudah bekerja keras mengatur lalu lintas. Dan terima kasih bapak Joko Widodo, sukses,” kata pria yang melanjutkan perjalanannya menuju Jawa Tengah.

“Alhamdulillah tolnya semakin bagus, dan semakin lancar. Ini lancar bagus, dan khususnya kepada petugas Kepolisian saya salut. Pak Jokowi ok, pembangunan agar dipercepat. Semakin cepat semakin bagus,” beber pemudik lainnya.

Tak hanya itu, warga Cigombong maupun Bogor mengacungi jempol dengan pembuatan tol Bocimi lantaran memangkas waktu tempuh dari Bogor ke Cigombong. Biasanya diperlukan waktu satu jam dari Ciawi, Bogor untuk mencapai Cigombong. Namun dengan adanya tol Bocimi Seksi I ini, perjalanan dari Ciawi ke Cigombong hanya memerlukan waktu 15 sampai 20 menit saja.

Para pemudik menyampaikan testimoninya bahwa waktu tempuh berkurang begitu signifikan. Mereka juga menyampaikan terima kasih kepada Jokowi yang mengeksekusi pembangunan jalan tol yang sudah menjadi wacana sejak tahun 1996 ini.