Jakarta – Kader muda Partai Keadilan Sosial (PKS) Pipin Sopian menegaskan bahwa perhelatan olah raga terbesar se Asia yakni Asian Games yang sebentar lagi akan di gelar di Indonesia bisa dijadikan alat pemersatu bangsa.

“Kami adalah bagian elemen bangsa yang menghendaki hajatan ini sukses. Ketika hajatan ini sukses maka rakyatlah yang mendapatkan manfaat ini,” tegas Pipin dalam diskusi publik bertema “Pilihan Politik Boleh Beda, Tapi Asian Games Tetap Satu Suara untuk Merah Putih” di UP2YU Cafe and Resto, Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Menurut dia, budaya asli masyarakat Indonesia harus tetap di jaga. Dirinya pun sependapat bahwa pilihan dalam politik boleh beda, tapi sukseskan Asian Games untuk merah putih.

“Asian Games penting bagi kita mari sukseskan untuk merah putih,” ucap Pipin.

Ditempat yang sama, Direktur Sinergi Data Indonesia Barkah Pattimahu mengajak media untuk berperan dalam mensukseskan ajang olahraga tingkat Asia ini.

“Media harus berperan, yang baik kita ekspos tapi jika ada hal buruk harus kita tanggulangi bersama agar tidak memberikan citra buruk,” kata Barkah.

Kedepan, laga Asian Games yang sudah didepan mata dan bertepatan dengan tahun politik ini agar isu sara harus dihindari. Para politisi yang menjadi percontohan pun diingatkan untuk mencontoh dan belajar dari olahragawan dengan semangat fair playnya.

“Politisi harus bisa belajar dari olahragawan,” sebutnya.

Sementara, kata dia, bagi anak muda jaman now hal yang harus dilakukan adalah menjaga kondusifitas Asian Games agar tetap terjaga.

“Kita tidak mendukung secara finansial tapi kita mendukung secara semangat,” tukasnya.