Sumenep, Triknews.net – Giliraja memang terhitung salah satu pulau mungil di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Pulau ini hanya memiliki empat desa (Banmaleng, Banbaru, Jate, dan Lombang). Meskipun demikian, tiap ada hajatan politik elektoral, khususnya pemilihan anggota legislatif, pulau ini tak pernah absen memunculkan caleg-calegnya.

Untuk Pileg 2019 nanti, delapan caleg asal Giliraja akan berjuang untuk memenangkan hati dan suara rakyat di daerah pemilihan masing-masing. Sebagian dari mereka akan berkontestasi memperebutkan kursi DPRD di Kabupaten Sumenep dan sebagian lagi di beberapa Kabupaten lain, semisal Bondowoso, Situbondo, Jember, dan lainnya. Bahkan, salah satu dari mereka akan berebut kursi DPRD di tingkat Provinsi (Jawa Timur).

Hal ini diketahui setelah ada pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur tentang daftar caleg tetap (DCT) berjumlah 1.573 yang telah diumumkan pada Jumat (21/09/2019) kemarin.

Baca juga: Sah! Giliraja Punya 4 Caleg yang Akan Berlaga di Pileg Sumenep 2019

Untuk Kabupaten Sumenep, terhitung ada 4 caleg. Tiga orang akan berjuang di Dapil II (Lenteng, Saronggi, Bluto, dan Giligenting) antara lain: Kurdianto Al-Laily (Nasdem, nomor urut 6), Amil Wasit (Nasdem, nomor urut 2), dan Hamid (Golkar, nomor urut 5). Satu caleg lainnya, Novi Hermawan (Golkar, nomor urut 2), akan berjuang di Dapil III (Pragaan, Guluk-Guluk, dan Ganding).

Selain itu, tiga caleg lain asal Giliraja akan mengikuti kontestasi politik elektoral di tiga kabupaten luar Pulau Madura berikut ini: Bondowoso Dapil III (Sumber Wringin, Sukosari, Ijen, Tlogosari, Pujer) yakni Masdidik (Golkar, nomor urut 9); Situbondo Dapil I (Situbondo-Panji) yakni Johantono (PKB, nomor urut 8), dan Jember Dapil II (Kalisat, Ledokombo, Sumber, Silo, dan Jambe) yakni Abdul Mukit (PAN, nomor urut 5).

Satu caleg lagi akan bertarung di tingkat Provinsi Jawa Timur Dapil IV (Situbondo, Bondowoso, dan Banyuangi), yakni Asip Irama (Golkar, nomor urut 3).