Laskar Pembela Islam
*ilustrasi

Jakarta, Triknews.com – Panglima besar Laskar Pembela Islam (LPI), Maman Suryadi mengatakan jika Aksi 212 jilid II yang akan digelar besok, Selasa (21/2/2017) tidak akan dihadiri oleh Front Pembela Islam (FPI) maupun Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI). Ia mengatakan jika ormas yang turun hanya berasal dari Forum Umat Islam (FUI).

“Ya betul, FPI tidak turun, tapi dari Forum Umat Islam. Kita serahkan semua ke FUI,” kata Maman saat dihubungi, Senin (20/2/2017).

Walaupun FPI dan GNPF MUI sebagai organisasi tidak ikut turun, namun Maman mengatakan jika Aksi 212 tidak menutup kemungkinan keikut sertaan elemen dua organisasi yang dipimpin oleh Habib Rizieq dan Bachtiar Natsir itu. Hanya saja, ia menegaskan jika seluruh elemen aksi besok akan menggunakan satu bendera yakni FUI.

“Semua (massa aksi) membawa benderai FUI dari semua unsur,” tukasnya.

Bentrok Sidang Ahok
Aksi 212 yang digelar di depan DPR RI besok ternyata juga berbarengan dengan agenda sidang lanjutan Ahok ke 11 di PN Jakarta Utara. Pun demikian, Maman mengatakan konsentrasi umat Islam tidak akan terpecah dengan dua agenda yang berbeda itu.

“Tidak terpecah (konsentrasinya). Tetap kita hadiri 2 agenda tersebut,” terang Maman.

Untuk mengoptimalkan dua agenda tersebut, Maman mengatakan bahwa mereka telah membagi massa aksi agar fokus pada agenda masing-masing, baik yang akan berunjuk rasa di depan DPR RI Jakarta Pusat, maupun yang akan kawal sidang Ahok di depan Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

“Ya (ada pembagian massa aksi),” ujarnya.

Hanya saja, ia enggan menjawab berapa jumlah masing-masing massa aksi yang akan dibagi tersebut, baik yang di DPR RI maupun juga yang di Kementerian Pertanian.