Ahok
Ahok

Jakarta, Triknews.com – Untuk mengisi kekosongan kursi Gubernur DKI Jakarta di jadwal kampanye Pilgub DKI Jakarta putaran kedua, Kementerian Dalam Negeri akan menyiapkan pengganti Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Hal ini pun dibenarkan oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Soni Sumarsono. Mantan Plt Gubernur DKI Jakarta saat Ahok cuti kampanye putaran pertama kemarin itu menyampaikan jika nama yang akan ditunjuk untuk mengisi kursi Plt Gubernur DKI tersebut akan ditunjuk dari Kemendagri langsung.

“Kalau melihat situasi politik di Jakarta, ya kemungkinan besar akan dari Kemendagri,” ujar Sumarsono, Jumat (24/2).

Namun terkait dengan kapan Kemendagri akan meminjamkan kembali pejabatnya untuk menjadi pelaksana tugas gubernur DKI, Sumarsono pun mengatakan hal itu juga menunggu kapan KPU DKI Jakarta menetapkan jadwal kampanyenya.

“Jadi tergantung KPU, menetapkan berapa lama dan sampai kapan (kampanye yang akan dilakukan), baru kemudian Kemendagri memberi keputusan untuk mengganti dengan Plt selama (Ahok) cuti Kampanye,” jelasnya.

Diketahui, KPU DKI Jakarta akan membuka masa kampenya untuk putaran kedua Pilkada DKI setelah mengumumkan hasil rekaptulasi penghitungan suara pada 25-27 Februari mendatang. Kampanye akan digelar selama tiga hari setelah rekapitulasi selesai, dengan catatan tidak ada kendala gugatan hasil Pilkada.