Sumber: wowkeren.com

Jakarta, Triknews.com – Usulan hak angket Ahok Gate diprediksi akan patah di tengah jalan.

Menurut Direktur Executive VoxPol, Pangi Syarwi Chaniago, hak angket tersebut hanya gaya-gayaan DPR RI saja.

“Sinyal itu paling tidak bisa kita baca, mengapa hak angket Ahok Gate belum juga diseriuskan sebelum reses ini,” tegas Pangi, Jumat (24/2).

Namun, kata Pangi, realitas di lapangan adalah usulan Pansus angket Ahok gate hanya sebatas dibacakan di paripurna penutupan masa sidang. Sebanyak 90 anggota DPR dari tiga fraksi yakni Partai Gerindra, Demokrat dan PKS sudah menandatangani usulan hak angket atau hak bertanya kepada pemerintah menyoal sikap Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang tidak menerbitkan surat pemberhentian sementara kepada Basuki Tjahaja Purnama dari jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta, meski Ahok sudah berstatus terdakwa kasus penistaan agama. Pada paripurna DPR, kemarin, sebelum reses, sempat juga dibacakan rencana Hak Angket yang dimotori tiga fraksi DPR.

Meskipun disetujui oleh DPR RI, Pangi memperkirakan Ahok tak akan diberhentikan sebagai Gubernur Jakarta.

“Apakah hak angket bisa menjegal Ahok kembali menjadi gubernur? Saya kira nggak ngefek,” ujar Pangi.

“Jadi saya kira hak angket Ahok gate yang diusulkan DPR, belum menjadi ancaman serius bagi Ahok,” kata dia.

Selain itu, tambah dia, hak angket tersebut terkesan hanya main-mainan elite, hanya sekedar gertak sambal lado, supaya DPR terkesan bekerja dan mengawasi kerja pemerintah.

“Hanya sekedar untuk memenuhi kewajiban sebagai institusi check and balance mengawas dan mengingatkan pemerintah,” tandasnya.