Jakarta,Triknews.com – Aksi sosial relawan Posko Perjuangan Rakyat (Pospera), untuk membantu warga korban banjir Jakarta terus berlanjut ke wilayah lainnya yang masih tergenang banjir.

Setelah gelar bakti sosial bantu korban banjir di Kelurahan Halim dan Kamis di Pinang Ranti, giliran selanjutnya DPC Pospera Jaktim mendatangi lokasi banjir di kelurahan Cipinang Melayu, yang memang menjadi salah satu kawasan yang paling parah terendam banjir.

Dari pantauan di RT 11 RW 02, Jln H Sulaiman, Cipinang Melayu, Jumat (24/2/2017) siang, puluhan relawan Pospera langsung mengelar aksi simpatik. Satu persatu sampah dibersihkan. Tidak tinggal diam, warga yang melihat Pospera ikut membantu. Warga merasa terbantu dengan kedatangan Pospera yang membantu membersihkan sampah sisa banjir tersebut.

Selain itu, Pospera juga memberikan bantuan susu kepada ibu-ibu yang mempunyai balita. Tak cuma itu, dua unit ambulance Pospera disiagakan 24 jam, di posko yang didirikan untuk mengantar warga yang sakit dan ingin dilarikan ke rumah sakit.

Menurut Andes mewakili warga, mengucapkan terimakasihnya kepada Pospera yang telah datang membantu masyarakat membersihkan lingkungannya dari lumpur dan sampah pasca banjir.

“Kami dibantu rekan-rekan Pospera membersihkan lingkungan kami, pasca banjir kemarin,” ungkapnya.

Andes mengeluhkan, sampai saat ini belum ada bantuan dari pemerintah untuk masyarakat di RT nya. Padahal kemarin banjir di kawasan ini ketinggian air mencapai dua meter.

“Di Cipinang Melayu memang banyak yang menyalurkan bantuan mas, tapi semua tertuju di kawasan RW 4, sementara di kami RW 2 dan 3 yang juga mengalami banjir yang sama tidak diperhatikan. Beruntung masih ada relawan Jokowi ini yang datang, sedikit meringankan beban kami,” ujar ibu Desy (33) warga setempat.

Menurut Musliha, Ketua Pospera Kecamatan Makassar aksi simpatik relawan akan terus berlanjut seiring cuaca buruk dan potensi banjir yang masih menghantui masyarakat Jakarta.

“Aksi ini akan terus kami lakukan, karena potensi banjir masih bisa terulang mengingat kondisi cuaca. Mungkin ke depan sudah lebih mendingan karena pemprov DKI sepertinya sudah melakukan langkah-langkah antisipasi juga,” ujarnya.

Sebelumnya, Pospera peduli melakukan aksi bersih-bersih pasca banjir di Kelurahan Halim, dan kelurahan Pinang Ranri Kecamatan Makasar, Jaktim. Poin dari kerja sosial Pospera kiranya sedikit meringankan derita warga yang terkena dampak banjir. Sumbangan dikumpulkan secara swadaya oleh relawan dan diwujudkan dalam bentuk alat kebersihan serta susu untuk balita.