Sumber: Tempo.co

Jakarta, Triknews.com – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid Sa’adi menegaskan, bahwa umat Islam wajib hukumnya mengurus jenazah muslim yang sudah meninggal.

Sekalipun dia seorang munafik, tetap ketika dia adalah seorang muslim, maka wajib bagi umat islam lain untuk memandikan, menkhafani, mensholatkan, dan menguburkannya.

“Kita tidak boleh menghukumi seseorang itu munafik atau kafir, yang berhak hanya Allah SWT,” kata Zainut di Jakarta, Sabtu (25/2).

Hal ini dikatakan dia, bahwa mengurus jenazah hukumnya fardhu kifayah. Artinya, jika tidak ada seorang pun yang melaksanakannya, dalam konteks ini mengurusi jenazah, maka semua orang yang bermukim atau bertempat tinggal di daerah tersebut seluruhnya menerima berdosa.

Pun demikian, Zainut mengatakan juga terkait dengan kabar adanya masjid yang menolak jenazah Muslim yang menjadi pendukung terdakwa kasus dugaan penistaan agama Islam, pihaknya dari MUI belum menerima laporan secara resmi. Namun demikian, dirinya berharap agar umat Islam tidak melampaui batasnya.

“Memang secara resmi sampai saat ini MUI belum mendapatkan laporan dari masyarakat tentang kejadian ini. Semoga saja hal tersebut tidak benar,” pungkasnya.