Jakarta, Triknews.com – Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menyebut kemunculan usulan hak angket yang kini disebut ‘Ahok Gate’ tidaklah berdiri sendiri. Justru, menurut dia Ahok Gate ini tidak bisa dipisahkan dengan kontestasi Pilkada dan akumulasi dari isu sebelumnya yang sudah muncul ke publik.

“Menurut saya bukan variable yang tidak berdiri sendiri. Dan Ahok Gate ini tidak bisa dipisahkan dengan kontestasi Pilkada dan akumulasi isu sebelumnya,” tegas Karyono saat diskusi bertema ‘Menjawab Realitas Pansus Ahok Gate’ di Dunkin Donats, Menteng Jakpus, Selasa (28/2).

Lebih lanjut, Karyono memastikan bahwa ada korelasi sangat kuat antara Ahok Gate dengan Pilkada DKI. Kata dia, siapapun akan sulit untuk menepis bahwa Ahok Gate tidak ada hubungannya dengan pesta demokrasi di DKI Jakarta saat ini. Selain itu, lanjut dia, jika diamati dari partai politik pendukung dan yang menolak Ahok Gate dinilai sudah sangat jelas.

“Jadi bisa disimpulkan Ahok Gate berhubungan dengan Pilkada DKI,” sebut dia.

Masih kata Karyono, pendukung Ahok Gate ada irisan dukungan pada Pilkada DKI Jakarta kecuali PKB dan PPP yang saat ini menolak hak angket. Sasaran Ahok Gate adalah memberhentikan sementara Ahok sebagai Gubernur DKI. Dia pun menjelaskan alasan parpol pengusung Ahok Gate ini begitu getol untuk mengangkat angket Ahok Gate yaitu ada kekhawatiran parpol jika Ahok menjabat lagi sebagai Gubernur maka dikhawatirkan Ahok menggunakan kekuasaannya untuk kepentingan kemenangan Pilkada DKI.

“Tujuannya jelas sekali ada manuver Ahok Gate adalag pertarungan Pilkada DKI,” tandasnya.