Triknews.net – Sebuah keingintahuan dari seoran jurnalis asal Perancis membuat dirinya nekat melakukan penyamaran dengan bergabung dengan kelompok teroris ISIS yang bergerak di bawah tanah Paris.

Jurnalis yang menggunakan nama samaran Ramzi (29) mengatakan bahwa usai bergabung, dia mengaku bahwa dirinya sama sekali tak melihat adanya jiwa islami dalam diri para anggotanya.

“Salah satu pelajaran utama adalah, saya tidak pernah melihat Islam dalam masalah ini. Tidak ada niat mereka mengubah dunia. Hanya para pemuda yang tersesat, frustrasi, memiliki kecenderungan bunuh diri dan sangat mudah dimanipulasi.” jelasnya, Selasa (30/5/2017).

Dalam masa penyamarannya, Ramzi bergabung dengan kelompok yang dikepalai oleh orang bernama Ossama dan dia melakukan penyamaran tersebut dengan totalitas. Bahkan dirinya sempat dilibatkan dalam rencana penyerangan.

Dalam rencana itu, Ramzi diminta datang ke sebuah stasiun untuk menemui seorang wanita yang akan memberikannya instruksi untuk meledakkan diri di sebuah klub malam di Paris. Beruntung dia bisa menghindari tugas tersebut dengan berbagai alasan.

“Tujuan saya adalah untuk memahami apa yang ada pikiran mereka,” kata Ramzi.

“Mereka tidak beruntung lahir di masa keberadaan ISIS. Sangat menyedihkan. Mereka adalah para pemuda yang mencari sesuatu, dan malah ini yang mereka temukan,” tutupnya.