Jakarta, Triknews.net – Barangkali sudah tidak ada cara lagi untuk membela Rizieq Shihab dari jerat hukum yang melilitnya saat ini, utamanya dalam kasus chat berkonten pornografi, para simpatisan Front Pembela Islam (FPI) yang bergerak di media sosial mencatut nama pengasuh pondok pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, KH Abdullah Kafabihi untuk membela junjungan mereka, Rizieq.

Para simpatisan Rizieq FPI ini membuat dan menyebarkan sebuah Meme yang berisi kata-kata pembelaan terhadap Rizieq di mana kata-kata itu dinisbahkan kepada Kiai Abdullah. Padahal sejatinya, sang kiai tak pernah menyatakan hal itu alias hoax belaka.

Adapun kata-kata yang dimaksud adalah, “Jangan salahkan umat Islam bergerak bila Habib Rizieq didzolimi. Beliau adalah cucu Nabi. Seorang muslim yang mendapatkan hidayah, Islam beriman, masuk sorga, terhindar dari neraka, dll. merupakan sebab dari Rasululoh SAW. Narkoba lebih berbahaya daripada memburu Habib Rizieq yang belum tentu salah. Kalau tidak ada FPI, munkar merajalela. Siapa yang berani tampil seperti FPI? Memang kalau melihat sejarah selalu ada ulama yang tak kompromi dengan munkar dan dzolim.

Inilah penampakan kata-kata dari FPI yang dinisbahkan kepada Kiai Abdullah Kafabihi

Inilah penampakan kata-kata dari FPI yang dinisbahkan kepada Kiai Abdullah Kafabihi

Kata-kata ini sudah beredar luas di media sosial. Tetapi juga sudah disertai dengan klarifikasi dari Kiai Abdullah. Menurut Kiai Abdullah, kata-kata itu bukanlah dari dirinya sebagaimana dinyatakan dalam sebuah percakapan di WhatsApp dan sudah banyak disebarluaskan oleh para alumni Lirboyo.

“Maaf, itu tidak benar. Saya tidak mendukung kekerasan dari kelompok mana pun. Dan keras atau radikal menyalahi agama, dan menyalahi negara. Negara Indonesia dengan dasar Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945, dan NKRI, wajib dijaga dari hal-hal yang merusak. Maaf,” demikian penjelasan Kiai Abdullah menjawab isu yang menyatakan bahwa dirinya mendukung FPI sebagaimana tampak dalam meme tersebut.

Klarifikasi ini pertama kali didapatkan wartawan Triknews.net dalam sebuah postingan akun Facebook Kiai Irwan Masduqi, salah satu alumni Lirboyo dan pengasuh Pondok Pesantren as-Salafiyah Mlangi, Yogyakarta.

“Kiaiku di Lirboyo, KH Abdulloh Kafabihi Ma, yg senantiasa mengajarkan kami Islam ramah dicatut FPI untuk mendukung Habib Rizieq. Sebelum ada klarifikasi dari beliau, saya sudah khusnudhon bahwa nggak mungkin Kiai Kafa mendukung kekerasan ala FPI. Ternyata dugaan saya benar. Kerjaan mereka memang begini, suka menyebarkan berita hoax. Semprulll,” tulis Gus Irwan pada Selasa (30/5).