Jakarta, Triknews.net – Pasca ditetapkannya pentolan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, sebagai tersangka dalam kasus dugaan chat berbau pornografi pada Senin (29/5) lalu, pihak kepolisian dari Polda Metro Jaya resmi menetapkan Rizieq sebagai buronan. Karena surat Daftar Pencarian Orang (DPO) untuk Rizieq sudah terbit sejak hari ini, Rabu (31/5).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, kepada wartawan saat berada di Mapolda Metro, Jl Sudirman, Jakarta, hari ini.

“Kemudian kasus tersangka Rizieq Syihab perkembangangnya Polda Metro Jaya sudah menerbitkan DPO ya. Polisi hari ini sudah menerbitkan DPO,” kata Argo.

Lebih lanjut, Argo menuturkan bahwa penyidik dari Polda Metro Jaya saat ini tengah menggelar rapat dengan Divisi Hubungan Internasional Polri untuk menentukan langkah hukum apa yang akan diambil berikutnya, apakah akan mencabut paspor yang kini dipakai yang bersangkutan atau mengeluarkan red notice.

“Dan saat ini penyidik sedang melaksanakan rapat di mabes polri dengan divisi hubungan internasional,” ujar Argo.

Penetapan Rizieq sebagai DPO, kata Argo, sudah sesuai dengan prosedur yang ada. Dalam arti kata, tahapan-tahapan hukum sudah dilalui semuanya oleh pihak kepolisian.

Karena menurut Argo, setelah melayangkan surat penangkapan ke kediaman Rizieq di Petamburan beberapa waktu lalu, ternyata yang bersangkutan tidak ada. Lalu setelah itu, polisi bergerak ke lembaga imigrasi menanyakan kapan Rizieq berangkat ke luar negeri dan kapan kembalinya. Sampai hari ini pun Rizieq belum kembali ke Tanah Air. Sehingga keluarlah surat DPO untuk Rizieq.