JAKARTA – Kelompok massa tergabung dalam Marsada Jakarta menggelar aksi damai di kawasan Patung Kuda Indosat, Gambir Jakarta Pusat.

Mereka menolak adanya penggunaan politik identitas pada Pilpres 2019. Juga tak ingin ada upaya menarik-narik Suku Batak kedalam kancah politik praktis.

“Kami menolak penggunaan politik identitas pada Pilpres 2019,” tegas Korlap aksi Donny Manurung, Rabu (5/12/2018).

Lebih lanjut, Donny mengatakan pihaknya mengajak agar masyarakat Sumatera Utara khususnya suku Batak untuk tidak terpecah belah akibat perbedaan pilihan politik.

“Pilihan politik boleh beda tapi tetap berpegang teguh pada persatuan dan kesatuan bangsa demi tegaknya NKRI. Itu lebih utama dibandingkan pilihan politik yang berbeda,” terang dia.

Dia mengajak masyarakat untuk bebas memilih sesuai hati nuraninya tanpa ada paksaan. Sebab, kata dia, hal itu merupakan hak demokrasi mereka yang tidak boleh diganggu gugat.

“Sekali lagi jangan bawa-bawa politik identitas demi meraih kekuasaan. Jangan halalkan segala cara, jadikan momentum pesta demokrasi untuk mencari pemimpin yang terbaik dan mari jaga situasi agar tetap aman dan kondusif,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kelompok Marsada merupakan kelompok pemuda Sumatera Utara dan Marsada bila diartikan pada bahasa batak artinya adalah persatuan.